Jumat, 23 Sep 2016 18:38 WIB

Pentingnya Mencukupi Kebutuhan Gizi Anak di Usia Balita

Puti Aini Yasmin - detikHealth
Foto: Thinkstock
Jakarta - Sejak di kandungan, pastinya tiap orang tua berusaha memenuhi kebutuhan gizi buah hatinya. Terlebih ketika si kecil sudah lahir dan memasuki masa-masa periode emas tumbuh kembangnya.

Terkait hal ini, dr Diana Sunardi, Mgizi, SpGK dari Departemen Ilmu Gizi FKUI-RSCM, mengungkapkan pemberian gizi yang cukup pada anak di masa emas yaitu dari bayi hingga usia lima tahun merupakan hal yang penting. Pasalnya, pemenuhan gizi menjadi salah satu faktor yang berpengaruh pada kecerdasan dan juga perilaku.

"Paling utama sih umur dua tahun karena sel-sel otak sedang berkembang. Setelah umur lima tahun akan sulit untuk diperbaiki," tutur dr Diana dalam temu media Bebelac Bebehero 'Berbagi Cinta Lewat Hebatnya Menari' di Kembang Goela, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat, Kamis (22/9/2016).

Baca juga: Ini Lho Manfaat Menari dan Menyanyi Bagi Emosional Anak

Di masa balita, pemenuhan gizi penting karena dikatakan dr Diana, otak mengambil energi sebanyak 20 persen dari tubuh anak. Sehingga pemenuhan nutrisi yang lengkap dan seimbang sangat penting dilakukan. Jika tidak, pertumbuhan atau perkembangan anak akan terhambat.

"Pertumbuhan itu berat badan dan tinggi badan bertambah setiap bulan. Tapi kalau perkembangan itu meliputi aktivitas fisik dan kognitifnya termasuk kemampuan bergerak yang harus dipantau setiap minggu," sambung dr Diana.

Untuk itu dr Diana menyarankan kepada setiap orang tua untuk memberikan gizi yang cukup dan seimbang bagi anak-anaknya. Seperti pemenuhan karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral.

"Tapi selain gizi tersebut, ada zat-zat yang memiliki fungsi lain untuk anak seperti omega-3 untuk kecerdasan anak. Tapi jangan pakai suplemen ya karena anak akan takut dan bisa trauma," imbuh dr Diana.

Baca juga: Hai Ibu, Ini Kata Dokter tentang Pentingnya Menjaga Nutrisi Anak (rdn/up)