Senin, 05 Des 2016 07:05 WIB

Yuk Main di Luar! Sinar Matahari Sehatkan Mata dan Cegah Mata Minus

Ajeng Anastasia Kinanti - detikHealth
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock
Jakarta - Jangan biarkan anak-anak Anda terlalu sering bermain gadget di dalam rumah, apalagi di pagi dan siang hari. Manfaatkan sinar matahari untuk sehatkan mata!

Ya, studi yang dilakukan oleh The London School of Hygiene and Tropical Medicine menemukan bahwa sinar ultraviolet B (UVB) pada sinar matahari bermanfaat bagi kesehatan mata anak-anak. Terutama untuk mengurangi risiko terjadinya miopi atau rabun jauh.

Tim peneliti yang dipimpin oleh Dr Astrid E. Fletcher melakukan pengamatan terhadap enam studi European Eye Study. Dari total 4.187 responden, ia mencari hubungan antara sinar matahari dan kejadian rabun jauh. Ditemukan bahwa semakin banyak paparan sinar UVB pada usia 14-19 tahun dan 20-39 tahun, maka semakin rendah risiko rabun jauh yang dimiliki.

Baca juga: Catat, Ini Tanda-tanda Anak Sudah Kecanduan Gadget

"Hubungan antara paparan sinar UVB dan miopi butuh penyesuaian masing-masing anak. Namun tetap sebaiknya anak dibiarkan bermain di luar rumah, sebab manfaatnya tak sekadar menyehatkan mata tapi juga yang lainnya," ujar Fletcher, dikutip dari Daily Mail.

Terapkan aturan pada anak agar tak kecanduan gadget. Menurut psikolog anak dan keluarga Astrid Wulansari MPsi, komunikasi dengan anak bisa jadi salah satu cara mencegah anak kecanduan gadget. Ketika anak bermain gadget, beri batasan waktu dan saat waktu akan habis, beri peringatan pada anak supaya anak tak kaget saat gadgetnya diambil. Lalu, jangan lupa beri kegiatan lain berupa eksplorasi.

"Misalnya eksplorasi minat atau lingkungan di sekitar. Terutama bagi balita penting bagi mereka menyentuh benda dan teksturnya langsung. Anak juga nggak perlu space cukup besar kok untuk eksplorasi. Atau, ajak anak lakukan kegiatan bersama yang sifatnya interaktif, seperti jalan-jalan ke taman, memasak bersama," kata Astrid.

Baca juga: Berisiko Ganggu Pola Tidur, Berapa Lama Baiknya Balita Boleh Menonton TV?

(ajg/vit)
News Feed