Jumat, 10 Feb 2017 12:00 WIB

Studi Sebut Anak Pertama Cenderung Lebih Pintar, Ini Alasannya

Nurvita Indarini - detikHealth
Foto: Ilustrasi anak/thinkstock Foto: Ilustrasi anak/thinkstock
Jakarta - Apakah Kamu adalah anak pertama? Nah, studi ini menyebut anak pertama cenderung lebih pintar. Kok bisa ya? Simak hasil penelitian University of Edinburgh yang berkolaborasi dengan Sydney University.

Kata para peneliti, anak pertama, baik berjenis kelamin perempuan ataupun laki-laki memiliki hasil tes IQ yang lebih tinggi ketimbang anak kedua dan seterusnya. Kesimpulan ini diambil setelah para peneliti mengambil data dari 5.000 anak sampai usia 14 tahun yang diberi tes membaca dan kosakata setiap dua tahun.

Dikutip dari Independent, setelah melakukan analisis yang melibatkan perilaku pengasuhan, diketahui anak yang lahir pertama alias anak sulung mendapat lebih banyak stimulasi untuk otaknya. Stimulasi ini misalnya membaca, seni dan musik.

Baca juga: 4 Kelebihan yang Dimiliki Anak Pertama Menurut Studi

Untuk semua anak, baik sulung, tengah maupun bungsu, semuanya mendapat dukungan emosional yang sama. Akan tetapi stimulasi otak yang lebih banyak diterima si sulung ini membuat mereka cenderung mendapat hasil lebih baik pada tesnya.

Pemimpin studi, Dr Ana Nuevo-Chiquero, menyebut hasil studi ini bisa digunakan untuk menjelaskan perbedaan prestasi dalam pendidikan dan pekerjaan seseorang. Akan tetapi peneliti menegaskan hasil penelitian ini tidak bisa digeneralisasi. Studi ini telah dipublikasikan di Journal of Human Resources.

Penelitian sebelumnya dari Norwegia pada 2007 menyebut hal senada. Disebutkan pada 250 ribu orang dewasa muda, mereka yang terlahir sebagai anak pertama memiliki IQ rata-rata lebih tinggi 2,3 di bandingkan adiknya.

Peneliti menduga hal ini terjadi bukan karena faktor genetik tetapi karena lingkungan pola asuh orang tua. Ketika anak pertama lahir orang tua memberikan perhatian penuh yang tak terbagi dan ini bisa dimanfaatkan oleh anak untuk belajar lebih baik dibandingkan adiknya kelak. Selain itu anak sulung kemungkinan otaknya berkembang lebih baik karena harus mengasuh dan mengajari adik-adiknya terkait berbagai hal.

Baca juga: Berpengaruh pada Kesehatan, Ini Untung-rugi Terlahir Sebagai Anak Sulung

(vit/up)
News Feed