Selasa, 14 Mar 2017 09:33 WIB

Jarang Pakai Kacamata Bikin Minus Mata pada Anak Bertambah?

Puti Aini yasmin - detikHealth
Foto: ilustrasi/thinkstock Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Mata minus (rabun jauh) bisa terjadi pada siapa saja, termasuk pada anak. Nah, penggunaan kacamata tentu diharap membantu penglihatan si kecil. Namun tak jarang, si kecil merasa risih dan jarang menggunakannya.

Padahal, dr Zeiras Eka Djamal, SpM, dari Jakarta Eye Center (JEC) mengatakan, jarang pakai kacamata atau tidak pakai kacamata sama sekali justru dapat memicu bertambah minus pada anak. Hal ini dikarenakan mata anak bekerja lebih keras sehingga menstimulasi peningkatan minus pada mata.

"Nggak menggunakan atau jarang menggunakan kacamata bisa membuat minus pada anak bertambah lebih cepat dibandingkan anak yang rajin menggunakan kacamata," ucap dr Zeiras kepada detikHealth.

Pada prinsipnya, dr Zeiras melanjutkan, mata minus pada anak di bawah usia 18 tahun masih dapat meningkat atau berubah. Sebab, di usia tersebut mata masih dikenal tidak stabil.

Baca juga: Penyebab Terjadinya Mata Minus Atau Plus di Usia Anak-anak

Dihubungi terpisah, dr Endang Johani SpM dari RS Siloam Lippo Village Karawaci mengatakan tidak rajin memakai kacamata bisa memengaruhi bertambahnya mata minus hingga berusia 21 tahun.

Soal anggapan penggunaan kacamata yang rajin bisa membuat mata minus berkurang, dr Zeiras menegaskan secara teori itu tidak bisa terjadi.

"Kalau memang, mungkin dapat terjadi di masa pertumbuhan karena masih labil kan atau karena pemeriksaan yang tidak tepat," pungkasnya.

Baca juga: Sering Copot Kacamata Bikin Minus Makin Parah? Ah Itu Mitos!

(rdn/up)