Senin, 03 Apr 2017 15:02 WIB

Cara Pilih Makanan yang Tepat Agar Gigi Anak Tak Cepat Rusak

Ajeng Anastasia Kinanti - detikHealth
Foto: ilustrasi/thinkstock Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Masih rentan terhadap berbagai jenis kerusakan, kesehatan gigi anak pun perlu ekstra perhatian dari orang tua. Salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan memilih jenis makanan yang tepat.

Dianjurkan oleh dokter gigi sekaligus founder dari Vatsalya Dental, India, Dr Srivats Bharadwaj, agar gigi susu tetap sehat sebaiknya anak tidak terlalu sering mengonsumsi junk food. Sebaliknya, anak lebih dianjurkan untuk banyak makan sayur dan buah-buahan.

"Direkomendasikan juga supaya anak dibatasi dari konsumsi berlebihan makanan-makanan yang lengket. Misalnya permen atau camilan manis lainnya," tutur Bharadwaj, dikutip dari Times of India.

Maka dari itu, ia menganjurkan orang tua sebaiknya tak lagi memberikan permen pada anak terlalu sering sebagai bentuk hadiah. Jika memungkinkan, biasakan untuk memberikan asupan sehat lainnya pada anak misalnya buah. Apa ya alasannya?

Baca juga: Konsumsi Diet Tinggi Gula, Makin Banyak Anak Perlu Cabut Gigi

Menurut Bharadwaj, makanan lengket dan manis tidak merusak gigi karena kandungan gulanya saja, tapi juga karena efek lengket itu sendiri yang menempel pada gigi. Tak dibarengi dengan kebiasaan menyikat gigi secara rutin sebelum tidur, lama-kelamaan hal ini bisa berdampak pada risiko karies gigi.

"Jika cuma kumur-kumur saja, maka tidak cukup ampuh untuk 'membilas' bagian dalam mulut dari sisa-sisa gula. Asupan permen terlalu banyak pun bisa menyebabkan gigi berlubang," imbuhnya.

Baca juga: Ini yang Terjadi Jika Nekat Tidak Gosok Gigi Selama Setahun

(ajg/vit)
News Feed