Selasa, 04 Apr 2017 07:49 WIB

Muncul Kondisi Seperti Ini di Gigi Anak, Segera Cek ke Dokter Ya

Ajeng Anastasia Kinanti - detikHealth
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock
Jakarta - Selalu tak sempat untuk rutin cek gigi anak ke dokter? Coba lihat lagi kondisi gigi dan mulut anak, jika muncul kondisi-kondisi tertentu sebaiknya segera cek ke dokter lho.

Salah satu tanda yang perlu mendapatkan perhatian ekstra adalah saat muncul bintik-bintik hitam pada gigi. Ini bisa menjadi salah satu tanda awal dari karies gigi dan tentu memerlukan perawatan dari dokter.

Selain itu, dokter gigi sekaligus founder dari Vatsalya Dental, India, Dr Srivats Bharadwaj juga menuturkan anak sebaiknya dicek ke dokter ketika mengalami masalah seperti bau mulut, gusi bengkak dan kemerahan, serta gigi terasa goyah.

Jika anak mengalami bau mulut, ada kemungkinan terjadi kerusakan atau lubang pada giginya. Seperti diketahui, gigi berlubang yang tak segera diatasi, misalnya dengan ditambal, dapat berisiko menimbulkan bau mulut. Di sini peran dokter pun menjadi sangat penting.

Baca juga: Ini yang Terjadi Jika Nekat Tidak Gosok Gigi Selama Setahun

Begitu juga jika gusi kemerahan, yang bisa menjadi merupakan gejala terjadinya infeksi atau peradangan di bagian mulut. Kemungkinan ini juga bisa menjadi tanda ada gigi yang mau tumbuh, namun tidak dalam arah yang tepat, sehingga 'mendorong' gigi lain dan menimbulkan kemerahan dan nyeri.

"Tapi kalaupun Anda tidak melihat adanya tanda-tanda ini, tetap dianjurkan agar anak mengunjungi dokter gigi setidaknya setiap enam bulan sekali untuk check-up. Dokter gigi dapat mengidentifikasi gejala awal kerusakan gigi dan merekomendasikan perawatan sebagai tindakan pencegahan. Mencegah lebih baik daripada mengobati bukan?" imbuh Bharadwaj.

Bharadwaj menambahkan, untuk menjaga kesehatan gigi anak biasanya dokter akan menganjurkan orang tua memilih sikat gigi dan pasta gigi yang tepat. Utamanya, pilihlah sikat gigi berbulu lembut dan sesuaikan dengan ukuran mulut anak. Untuk pasta gigi, dianjurkan untuk memilih produk dengan kandungan tanpa flouride ya.

Baca juga: Konsumsi Diet Tinggi Gula, Makin Banyak Anak Perlu Cabut Gigi (ajg/vit)
News Feed