Senin, 26 Jun 2017 12:05 WIB

Anak Dapat Salam Tempel Lalu Mau Pegang Uangnya Sendiri? Ini Syaratnya

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Ilustrasi anak bersama orang tua/Foto:thinkstock
Jakarta - Momen Idul Fitri membuat banyak anak kecil senang karena mendapatkan salam tempel dalam jumlah yang banyak. Tapi, hal ini juga membuat para orang tua khawatir dengan keinginan si kecil yang memaksa menyimpan uangnya sendiri.

Sebenarnya, tak ada salahnya membiarkan si kecil menyimpan uang lebarannya sendiri, seperti dikatakan oleh Irma Gustiana Andriani, SPsi, MPsi, seorang psikolog anak lulusan Universitas Indonesia. Namun hal ini juga berlaku dengan sebuah syarat.

Baca Juga: Anak Terbiasa Dibelikan Baju Baru Saat Lebaran, Ini Kata Psikolog

"Jika ia telah memahami makna uang dan mampu mengelola keuangangan, tidak mengapa anak diberikan tanggung jawab menyimpannya di tabungan yang telah ada," ujar psikolog yang berpraktik di Lembaga Psikologi Terapan Universitas Indonesia tersebut.

Ibu dua anak ini menyebutkan, untuk anak yang belum mampu mengenal makna uang dan mengelolanya, maka ada baiknya jika orang tua menyimpan dengan izin anaknya. Terlebih, jika jumlah yang ia terima pun cukup banyak.

Baca Juga: Hendak Bepergian Bersama si Kecil? Ini Daftar Persiapannya

Namun, para orang tua juga punya rambu-rambu yang harus diperhatikan ketika menyimpankan uang Lebaran sang anak. "Jangan sekali-kali menggunakan uang tersebut tanpa izin anak ya," pungkas Irma. (up/up)