ADVERTISEMENT

Senin, 15 Des 2014 14:05 WIB

Ini Bahaya yang Mengintai Saat Bayi Tidur Bersama Orang Tua

- detikHealth
Ilustrasi (Foto: Thinkstock)
Rotterdam - Entah karena saking sayang atau protektifnya, sebagian orang tua enggan menidurkan bayi mereka di boks. Mereka lebih merasa aman bila si kecil tidur bersama di ranjang yang sama dengan mereka. Padahal dokter mewanti-wanti, ini justru berbahaya bagi si bayi.

Simpulan ini diperoleh setelah tim peneliti dari Belanda mengamati 6.160 pasang ibu dan anak dari Rotterdam. Masing-masing ibu diminta mengisi sebuah kuesioner tentang gejala mengi dan asma yang dialami anak-anak mereka di usia 1-6 tahun.

Tak lupa peneliti juga menanyakan pola tidur si kecil mulai usia dua bulan hingga 24 bulan. Hasilnya cukup mengejutkan, anak-anak yang sering tidur dengan orang tuanya di usia dua bulan, entah itu dengan ayah, ibu atau keduanya, ternyata tidak cenderung memperlihatkan gejala mengi ataupun terserang asma di usia enam tahun.

Namun seperti dikutip dari European Respiratory Journal, Senin (15/12/2014), anak yang tidur bersama orang tuanya di usia dua tahun justru berisiko lebih tinggi untuk mengalami mengi, ketika usianya beranjak menjadi tiga hingga enam tahun.

Mereka juga berisiko lebih besar didiagnosis terkena asma di usia enam tahun.

"Kami kira temuan ini akan menjelaskan alasan di balik orang tua ingin berbagi kasur dengan anaknya, mungkin untuk memonitor gejala asma anaknya. Tapi ternyata kami tidak menemukan bukti bahwa gejala asma awal akan muncul karena tidur bareng ortu di usia dini," tutu peneliti, Dr Maartje Luijk dari Erasmus University Rotterdam.

Kendati begitu, lanjut Dr Luijk, tidak tertutup kemungkinan kebiasaan berbagi tempat tidur ini akan memunculkan risiko asma pada anak. Hanya saja peneliti belum menemukan faktor yang ada di balik risiko ini.

"Mungkin ada beberapa faktor yang berperan di sini. Misalkan orang tua yang memutuskan berbagi tempat tidur dengan anaknya lebih aware dengan gejala mengi pada anak-anak mereka. Tapi kami butuh penelitian lebih mendalam tentang hal ini," katanya.

Terlepas dari itu, yang pasti peneliti tidak merekomendasikan orang tua untuk berbagi tempat tidur dengan sang buah hati, apalagi belakangan angka kasus sudden infant death (SID) atau kematian bayi secara mendadak di sejumlah negara di Eropa meningkat tajam, yang salah satunya disebabkan oleh keputusan orang tua berbagi tempat tidur dengan bayinya.

(lil/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT