Selasa, 16 Jun 2015 09:03 WIB

Asal Tumbuh Kembang Baik, Kolik Normal Dialami Bayi Sampai Umur 4 Bulan

Radian Nyi Sukmasari - detikHealth
ilustrasi (Foto: Thinkstock) ilustrasi (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Kolik yang dialami anak hingga membuat perutnya kembung, sering kentut, hingga merasa tidak nyaman lalu menangis kerap membuat orang tua khawatir. Sebenarnya, kondisi ini lumrah dialami anak di empat bulan pertama usianya.

"Kolik itu menangis tanpa sebab tapi hal ini normal berlangsung selama 4 bulan. Makanya, sering disebut sindrom 4 bulan," kata Prof Dr Agus Firmansyah SpA(K) dari Departemen Ilmu Kesehatan Anak Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia/RS Cipto Mangunkusumo (FKUI/RSCM).

Kolik, umumnya mengakibatkan perut anak kembung, tidak nyaman, dan sakit perut hebat. Dikatakan Prof Agus, kondisi tersebut bisa disebakan karena intoleransi laktosa pada anak. Mengingat, di hari-hari pertama kehidupannya, enzim laktase untuk mengolah laktosa pada anak masih sedikit.

Baca juga: Perhatikan Dulu Hal Ini Jika Ortu Hendak Biarkan Anak Mandi Sendiri

Sementara, anak mengonsumsi susu yang notabene banyak mengandung laktosa. Hal tersebut disampaikan Prof Agus di sela-sela acara Nutritalk 'Pembentukan Pola Makan Sehat Sejak Dini' di Bebek Bengil Resto, Jl KH Agus Salim, Jakarta Pusat, seperti ditulis Selasa (16/6/2015).

Penyebab lain perut anak merasa tidak nyaman yaitu alergi susu sapi. Ketika anak minum ASI tapi sang ibu mengonsumsi produk susu, maka bisa saja anak tetap mengalami alergi susu sapi.

"Perut anak tidak nyaman juga bisa karena komposisi bakteri dalam ususnya tidak betul. Untuk mengatasi kolik ini, prinsipnya orang tua perlu diedukasi. Adalah hal yang normal sepanjang tumbuh kembangnya baik karena setelah usia 4 bulan koliknya nanti akan hilang dengan sendirinya," tutur Prof Agus.

Baca juga: Hai Bunda, Begini Panduan Pemberian Makan Anak Sampai Usia 1 Tahun

(rdn/up)
News Feed