Senin, 07 Nov 2016 20:01 WIB

Anak Makan Banyak Tapi Beratnya Kok Tak Naik-naik? Mungkin Ini Sebabnya

Rahma Lillahi Sativa - detikHealth
Foto: thinkstock
Jakarta - Anak identik dengan susah makan. Tetapi anak juga bisa saja mengalami masalah lain yang tak kalah peliknya ketika sudah makan banyak tapi bobotnya stagnan.

Menurut dr Meta Hanindita, SpA dari RS Dr Soetomo Surabaya, bila orang tua dihadapkan pada persoalan semacam itu, dokter perlu tahu frekuensi makan anak dalam sehari, berapa banyak porsinya dan apa saja yang dikonsumsi.

Bila ada satu aspek yang kurang, maka ini bisa dijadikan indikator. "Makannya sudah 3 kali sehari, susunya ASI, dikasih snack 2 kali, seharusnya ini sudah baik," katanya saat ditemui di Surabaya baru-baru ini.

Berarti apa yang salah? Jika frekuensi makan sudah ideal dan asupan tambahan, yaitu snack sudah ada, bisa jadi permasalahan terletak pada porsinya.

dr Meta mengingatkan, orang tua harus tahu bahwa mulai usia 6 bulan, porsi makan anak perlu ditambah. Untuk anak yang pertama kali mencoba makanan padat, tak masalah jika hanya diberi 2-3 sendok makan saja sebab masih dalam tahapan adaptasi.

"Seiring berjalannya waktu, di usia 6-8 bulan harus ditambah porsinya, setidaknya setengah gelas air mineral atau sekitar 125 cc, itu udah pasti lebih dari 3 sdm," katanya.

Baca juga: Anak Ogah Makan? Kata Dokter, Jangan Buru-buru Beri Penambah Nafsu Makan

M Dora Tri Yogyantini, SGz, dietisien di Instalasi Gizi RS Panti Rapih pernah mengungkapkan, jika anak telah mendapat makanan utama sekaligus makanan selingan tetapi bobot tak kunjung naik, hal itu bisa disebabkan oleh berbagai hal.

"Pertama, mungkin anak memiliki aktivitas yang banyak. Jika aktivitas tidak sebanding dengan asupan makan, itu akan menyebabkan berat badan anak sulit bertambah," terangnya seperti diberitakan detikHealth sebelumnya.

Penyebab kedua, ujar Dora, mungkin terletak pada pola tidur anak. Menurutnya aktivitas tidur anak juga akan berpengaruh pada metabolismenya yang kemudian memengaruhi berat badan.

Di sisi lain, jika anak tak mengalami masalah tidur dan mendapat cukup nutrisi tetapi tak kunjung gemuk, mungkin saja penyebabnya adalah gangguan pencernaan. Gangguan pencernaan membuat makanan yang masuk tidak bisa diserap dengan baik oleh tubuh sehingga anak susah gemuk.

Baca juga: Kenali, Tanda-tanda Awal Anak Kekurangan Nutrisi


(lll/vit)