Kamis, 12 Jan 2017 18:02 WIB

Mitos atau Fakta?

Anak yang Sakit Campak Diberi Air Kelapa Hijau Agar Cepat Sembuh

Ajeng Anastasia Kinanti - detikHealth
Foto: Thinkstock
Jakarta - Saat anak terkena campak, ada beberapa cara yang kerap dilakukan orang tua untuk membantu meringankan penyakit anak. Salah satu cara yang populer adalah dengan meminumkan air kelapa hijau.

Sebagian besar orang tua zaman dahulu meyakini bahwa meminum air kelapa hijau akan membuat ruam merah pada anak yang terkena campak akan cepat keluar dan anak pun akan cepat sembuh.

Menanggapi hal ini, dr Meta Hanindita, SpA menegaskan bahwa sampai saat ini tidak ada bukti ilmiah yang menunjukkan hubungan antara air kelapa hijau dan campak. Namun tak ada salahnya jika ingin memberikan air kelapa hijau pada anak yang sedang campak.

Baca juga: Mitos-Mitos Penyakit Campak yang Masih Banyak Dipercaya

"Karena disebabkan oleh virus, maka untuk mempercepat penyembuhan, daya tahan tubuh harus ditingkatkan dengan istirahat yang cukup," tutur dokter spesialis anak RSUD Dr Soetomo Surabaya ini kepada detikHealth.

Campak merupakan salah satu penyakit yang mudah menyerang anak-anak. Virus menginfeksi lewat jalur udara dari percikan air liur yang dibatukkan oleh orang sakit.

Bila terserang, penyakit campak menimbulkan gejala seperti demam tinggi 3-5 hari, nyeri menelan, diare, dan lemas. Tanda yang lebih khusus lagi adalah munculnya bintik merah (rash) dan gejala 3C.

"Conjungtivitis (mata merah, berair, gatal), coryza (pilek) dan cough (batuk). Bintik-bintik merah timbul saat panas sedang tinggi-tingginya biasanya hari ke-4 atau 5 panas. Muncul pertama pada daerah batas rambut, dahi, belakang telinga lalu menjalar sampai kaki," papar dr Meta.

Baca juga: Yuk Cari Tahu Perbedaan Campak, Campak Jerman dan Roseola


(ajg/up)