Rabu, 01 Mar 2017 09:33 WIB

Kapan Bayi Baru Lahir Boleh Diajak Keluar Rumah?

Radian Nyi Sukmasari - detikHealth
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock
Jakarta - Salah satu pertanyaan yang bisa timbul di benak orang tua soal bayinya yang baru lahir adalah kapan ya si kecil bisa diajak keluar rumah? Terkait hal ini, apa kata dokter?

"Untuk keluar rumah nggak masalah sih pas umur berapa aja kalau memang bayinya cukup bulan. Pada dasarnya di usia berapa pun boleh," kata dr Margaretha Komalasari SpA atau dr Atha dari RS Pusat Pertamina.

Jika ada yang menyebut bayi baru boleh diajak keluar rumah saat usianya 40 hari, menurut dr Atha itu hanya mitos saja. Sebab, bicara daya tahan tubuh, menurut dr Atha meski kecil bayi pun sudah memiliki ketahanan tubuh.

"Kalau mau ngajak bayi keluar juga biasa aja sih. Nggak mesti pakai peralatan khusus banget. Justru, bayi di awal kehidupannya butuh paparan sinar matahari yang baik dan itu bagus untuk pertumbuhan tulangnya. Jadi nggak masalah kalau bayi newborn mau diajak keluar rumah," tambah dr Atha.

Baca juga: Viral di Medsos, Pijat Ekstrem yang Membuat Bayi Tampak 'Dilempar'

Dikutip dari Kidshealth, dokter spesialis anak di Kansas, Dr Rupal Gupta, MD, FAAP mengatakan memang tidak ada aturan baku kapan bayi baru lahir bisa diajak keluar rumah. Jika cuaca tidak terlalu dingin atau panas, baik sekali jika mengajak si kecil keluar rumah selama ibu mampu melakukannya.

"Anda bisa saja menikmati udara segar dengan membawa si kecil di stroller. Tapi, untuk mengajak si kecil ke tempat umum seperti mal, bioskop, atau pesawat terbang, lebih hati-hati karena bayi bisa terekspos infeksi," tutur Gupta.

Ini mengingat sistem imun bayi baru lahir masih berkembang dan lebih rentan infeksi. Untuk itu, ada beberapa dokter yang menyarankan orang tua untuk menunggu sampai si bayi berusia beberapa bulan sebelum mengajaknya ke tempat umum.

"Saat mengajak bayi keluar rumah, hindari anak sementara dari orang yang sakit terutama akibat infeksi. Kemudian, minta orang lain mencuci tangan lebih dulu sebelum menyentuh si kecil dan pastikan si kecil sudah memakai pakaian yang sesuai," kata Gupta.

Baca juga: Ketika Anak Tak Lagi Bisa Tidur Siang karena Padatnya Aktivitas


(rdn/vit)
News Feed