Selasa, 12 Nov 2019 08:00 WIB

Nasi Dingin Lebih 'Sehat' untuk Diabetes? Ini Faktanya Menurut Dokter

Nabila Ulfa Jayanti - detikHealth
Nasi dingin belum terbukti dapat lebih aman dikonsumsi penderita diabetes. Foto ilustrasi: Istock Nasi dingin belum terbukti dapat lebih aman dikonsumsi penderita diabetes. Foto ilustrasi: Istock
Jakarta - Nasi seperti tak bisa dipisahkan dari kehidupan masyarakat Indonesia. Makanan pokok yang merupakan salah satu sumber karbohidrat ini sebenarnya masih bisa dimakan oleh pengidap diabetes.

Anggapan nasi dingin lebih baik untuk dikonsumsi oleh pengidap diabetes pun muncul. Benar enggak, sih?

"Mungkin benar. Tetapi kebetulan penelitian yang secara betul-betul diteliti itu hanya kentang waktu itu. Kentang yang sudah siap dimakan, dimasukkan kulkas, kemudian besoknya dipanasin lagi, itu lebih rendah kadar gula(darah)nya," ujar dokter ahli metabolik endokrin Dr dr Aris Wibudi, SpPD-KEMD yang sekaligus menjabat sebagai PEDI (Perhimpunan Edukasi Diabetes Indonesia).

Dia menambahkan, saat ini memang belum ada penelitian serupa pada nasi. Sehingga belum bisa dipastikan apakah memberikan hasil yang sama pada nasi dingin.

"Belum ada penelitian yang nasi. Tapi apakah bisa disamakan? Belum tentu. Kalau kentang sudah ada penelitiannya. Tapi kalau makannya tetap banyak ya tetap naik," kata dr Aris.


Simak Video "Menu Diet ala Korea Ini Bisa Cegah Diabetes Loh!"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)