Jumat, 29 Mei 2020 07:02 WIB

Catat 3 Hal Wajib Sebelum Pakai Masker Kain di Masa New Normal

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Masker Kain dari Brand Lokal yang Bisa Dipakai Ulang Catat 3 hal penting sebelum pakai masker kain (Foto: Instagram)
Jakarta -

Kini masker kain sudah menjadi kebutuhan sehari-hari ketika hendak beraktivitas di luar rumah. Terlebih saat ini kita akan memasuki era 'new normal' atau pola hidup baru dengan penerapan protokol kesehatan COVID-19.

Ada baiknya untuk memiliki persediaan dua sampai tiga masker kain agar bisa dipakai bergantian. Sebab jika terus digunakan dan tidak diganti, masker kain akan cepat kotor dan rusak.

Dirangkum detikcom, berikut ini tiga hal yang perlu diketahui dalam menggunakan masker kain.

1. Maksimal digunakan empat jam

Masker kain bisa dipakai beberapa kali dengan catatan untuk selalu memastikan masker tersebut bersih. Rutinlah mencuci masker kain dan tidak memakainya lebih dari empat jam.

"Gunakan masker kain. Masker kain bisa dicuci. Kami menyarankan penggunaan masker kain tidak lebih dari empat jam untuk kemudian dicuci dengan cara direndam di air," kata juru bicara pemerintah untuk penanganan virus corona COVID-19, Achmad Yurianto.

2. Cuci pakai air hangat dan detergen

Mengutip dari Fox News, Direktur Medis Yayasan Nasional untuk Penyakit Menular di Bethesda, William Schaffner menyarankan sebaiknya masker kain harus dicuci secara rutin apabila sering digunakan.

Cucilah masker kain dengan menggunakan detergen dan air panas. Hal ini akan membuat virus dan bakteri yang mungkin menempel di masker bisa musnah.

3. Simpan di plastik kedap udara bila tak sempat mencuci

Lipat masker menjadi dua bagian. Pastikan bagian dalam masker berada di dalam lipatan. Ini dilakukan untuk mencegah tangan menyentuh bagian dalam masker yang sudah terkena percikan air liur ketika digunakan.

Jika tidak langsung dicuci karena masih berada di luar rumah, simpan masker kain yang sudah dilipat ke dalam plastik kedap udara. Maka ada baiknya juga untuk menyediakan kantong plastik dengan klep penutup yang kedap udara.



Simak Video "Nggak Usah Beli, Bikin Masker Kain Mandiri Cuma 1 Menit "
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)