Senin, 07 Sep 2020 08:20 WIB

Ratusan Orang Terinfeksi Corona dari Klaster Resepsi Pernikahan

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Ilustrasi pasien di rumah sakit Ilustrasi pasien Corona. (Foto: iStock)
Jakarta -

Ratusan orang terinfeksi virus Corona yang berasal dari klaster di acara resepsi pernikahan Maine, Amerika Serikat. Tiga orang meninggal dan 147 lainnya terinfeksi COVID-19 usai menghadiri acara pernikahan 7 Agustus 2020 lalu.

Acara tersebut dilakukan di ruangan tertutup di Gereja Baptis Tri-Town dan resepsinya diadakan di Big Moose Inn. Pesta tersebut juga dihadiri oleh 65 tamu yang seharusnya maksimal 50 orang, sesuai dengan ketentuan pertemuan sosial di negara tersebut.

Di minggu terakhir Agustus, pihak otoritas setempat mengatakan telah menemukan 53 kasus COVID-19 yang berkaitan dengan klaster pernikahan tersebut. Hingga Jumat (4/9/2020) kemarin, total masyarakat Maine yang datang ke pesta maupun yang terdampak dari terinfeksi tersebut jumlahnya mencapai 147 orang.

"Satu hal yang sudah kami pelajari selama enam bulan terakhir bekerja menangani wabah COVID-19 adalah bahwa tidak ada wabah yang terjadi di sebuah pulau," kata Direktur CDC Maine, Nirav Shah yang dikutip dari New York Post, Senin (7/9/2020).

"Satu infeksi bisa dengan cepat menyebabkan infeksi lain, terutama di wilayah geografis yang terdekat," lanjutnya.

Menurut penuturan juru bicara CDC Maine, Robert Long, tiga orang yang meninggal karena COVID-19 ternyata tidak ada yang menghadiri acara resepsi tersebut. Infeksi dari klaster resepsi pernikahan ini juga menyebar ke penjara di Alfred, karen salah satu petugas penjara menghadiri pesta tersebut.

Salah satunya bernama Theresa Dentremont (83), juga tidak menghadiri acara itu. Meski tidak menghadiri acara tersebut, para tenaga medis di rumah sakit yang merawatnya percaya bahwa Theresa terinfeksi orang yang datang ke pesta resepsi itu.

Suami Theresa, Frank Determont (97) juga terinfeksi dan dirawat di rumah sakit yang sama dengan istrinya. Tak seperti istrinya, Frank dinyatakan sembuh dan bisa segera kembali ke rumahnya.



Simak Video "Klaster Pasien Rumah Sakit Jadi Klaster Tertinggi di DKI Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/naf)