Jumat, 07 Okt 2016 07:04 WIB

Seberapa Banyak Konsumsi Air Putih yang Dibutuhkan oleh Ibu Hamil?

Ajeng Anastasia Kinanti - detikHealth
Foto: ilustrasi/thinkstock Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Bagi ibu hamil, salah satu asupan yang perlu dikonsumsi adalah air putih. Sayangnya masih banyak yang belum memenuhi kebutuhan air putih karena mual dan muntah.

Padahal air putih sangat penting untuk dikonsumsi guna membantu menjaga kesehatan janin dan si ibu itu sendiri. Demikian disampaikan oleh dr Verawati S, SpGK atau dr Vera kepada detikHealth beberapa waktu lalu.

Dokter yang berpraktik di RS Kemang Medical Care (KMC) tersebut menuturkan bahwa ibu hamil seringnya justru menyalahartikan rasa haus dengan rasa lapar. Ketika tubuh sedang haus dan membutuhkan cairan, wanita justru banyak-banyak makan. Akibatnya berat badan naik berlebihan tapi kebutuhan cairan tak terpenuhi.

"Ibu-ibu biasanya sering salah, sebenarnya haus tapi yang dirasa laparnya. Coba minum dulu, kalau ternyata memang haus biasanya rasa laparnya akan berkurang," tutur dr Vera.

Baca juga: Susu Sapi Jenis Apa yang Paling Tepat untuk Nutrisi Anak-anak?

Menurut dr Vera, amannya ibu hamil minum setidaknya 2,5 sampai dengan 3 liter air putih per hari. Tak perlu khawatir jika kemudian frekuensi buang air kecil jadi meningkat.

"Tidak apa-apa pipis terus, kan makin sering bangun untuk ke toilet bisa meminimalkan risiko diabetes dan jantung pada kehamilan juga," imbuhnya.

Sementara itu, dr Boy Abidin, SpOG(K) dari RS Mitra Keluarga Kelapa Gading menambahkan bahwa selain dari air putih, kebutuhan cairan ibu hamil juga bisa dipenuhi dari cairan lain seperti susu atau teh. Yang tidak diperbolehkan hanyalah minuman beralkohol dan kopi.

"Nggak usah takut pipis terus, itu normal. Yang penting kebutuhan cairan harus terpenuhi, karena semakin tua kandungannya, semakin luas permukaan tubuhnya dan penguapan yang terjadi semakin besar," tegas dr Boy.

Baca juga: Faktanya, Minum Air Dingin Saat Hamil Tidak Akan Membuat Bayi Lahir Besar (ajg/vit)