Rabu, 11 Agu 2010 15:51 WIB

Batuk Tak Sembuh Gara-gara Kacang Polong Tumbuh di Paru-paru

- detikHealth
Massachussets - Batuk yang tidak sembuh setelah berbulan-bulan membuat seorang pria khawatir terjadi sesuatu dengan paru-parunya. Dugaannya tak meleset, meski bukan tumor yang tumbuh di paru-paru melainkan biji kacang polong yang mulai bertunas.

Awalnya, pria bernama Ron Sveden ini hanya mengalami batuk biasa. Namun penyakitnya tidak kunjung sembuh meski telah diobati dan berlangsung hingga 6 bulan berikutnya.

Ketika kondisinya makin memburuk, pria asal Massachussets AS ini mengalami sesak napas dan dilarikan ke rumah sakit. Hasil pemindaian menunjukkan paru-parunya mengalami pembengkakan.

Sveden mengaku, saat itu dirinya sudah siap mental untuk mendengar bahwa paru-parunya ditumbuhi tumor. Namun hasil tes menunjukkan tidak ada kanker, sementara dokter justru mengatakan bahwa benjolan itu adalah kecambah berukuran 1,5 inchi.

Diduga, kecambah yang berasal dari biji kacang polong itu masuk ke saluran pernapasan ketika Sveden tersedak. Biji kacang polong itu lalu mencapai paru-paru dan mulai tumbuh di tempat itu.

"Tuhan benar-benar memiliki selera humor. Maksud saya, benda itu bisa apa saja tetapi kenapa harus kacang polong? Dan kenapa tumbuh di sana?" gurau Nancy, istri Sveden seperti dikutip dari Foxtoledo, Rabu (11/8/2010).

Tidak ada cara lain, tim dokter terpaksa melakukan operasi untuk mengeluarkannya dari dalam paru-paru.

Saat menjalani awal-awal masa pemulihan di rumah sakit, Sveden kembali diingatkan untuk berhati-hati. Sebab menu makan di rumah sakit tersebut lagi-lagi menggunakan kacang polong sebagai sayurnya.


(up/ir)