Rabu, 30 Jan 2013 11:31 WIB

Kecanduan Aneh, Wanita Ini Hobi Makan Bulu Kucing

- detikHealth
Lisa (Foto: TLC)
Detroit, Michigan - Kecanduan biasanya terjadi pada hal-hal yang memang menyebabkan efek adiksi, seperti rokok, narkoba atau alkohol. Tapi bagi Lisa, bulu kucing peliharannyalah yang justru membuatnya ketagihan.

Lisa (43 tahun) memiliki kebiasaan yang terbilang aneh. Ia sangat suka makan bulu kucing peliharaannya yang tercecer di lantai atau sofa. Tapi 'cara makan' yang paling ia suka adalah menjilati langsung dari tubuh si kucing.

Wanita asal Detroit, Michigan, ini tidak bisa lebih dari 2 jam tanpa mengonsumsi bulu kucing. Setidaknya lebih dari 3.200 gulungan bulu kucing yang sudah dicernanya sejak pertama kali mengalami kecanduan, menurut TLC's 'My Strange Addiction', seperti dilansir Huffingtonpost, Rabu (30/1/2013).

Dr Andre Fedida, seorang dokter ahli pencernaan di Newark, New Jersey, mengatakan Lisa kemungkinan mengalami trichobezoar, yaitu gangguan yang terjadi karena ditemukannya banyak massa rambut di saluran pencernaan.

Menurut Mayo Clinic, trichobezoars dapat terjadi pada orang dengan penyakit jiwa atau cacat perkembangan.

"Ini bukan sindrom yang sangat umum tetapi merupakan sindrom yang berhubungan dengan gangguan kejiwaan," jelas Dr Fedida.

Dr Fedida sendiri sudah beberapa kali menangani pasien dengan sindrom ini. Menurutnya, sebagian besar pasien berjenis kelamin perempuan dan hampir selalu memiliki beberapa gangguan kejiwaan yang mendasari.




(mer/vit)