Ini Sebabnya Pria Jelalatan Saat Melihat Wanita

ADVERTISEMENT

Ini Sebabnya Pria Jelalatan Saat Melihat Wanita

- detikHealth
Kamis, 27 Jun 2013 14:59 WIB
ilustrasi (Foto: Getty Images)
Jakarta - Para perempuan seringkali kesal melihat pasangannya bermata jelalatan, selalu melirik perempuan yang lewat di depan mata. Menurut sebuah penelitian, naluri ini wajar dimiliki laki-laki karena proses evolusi. Laki-laki terprogram mencari pasangan sebanyak-banyaknya.

Penelitian yang dilakukan psikolog tersebut menunjukkan bahwa perempuan baru tertarik kepada laki-laki jika wajahnya familiar. Namun pada laki-laki justru sebaliknya, mereka cenderung menilai perempuan yang belum pernah dilihat lebih menarik.

Para peneliti melakukan serangkaian penelitian untuk mengukur perubahan daya tarik. Sebanyak 83 perempuan dan 65 laki-laki ditunjukkan foto 5 laki-laki dan 5 perempuan. Kesemuanya diminta menuliskan penilaian tentang daya tarik orang dalam foto dalam skala 7 poin.

Para peserta lalu ditunjukkan foto untuk kedua kalinya, tapi juga ditunjukkan foto wajah lain yang belum pernah dilihat sebelumnya untuk mengalihkan perhatian. Hasilnya, perempuan menilai wajah laki-laki dalam foto lebih menarik ketika ditunjukkan untuk kedua kalinya karena terasa lebih akrab.

Sedangkan pada laki-laki, laporan yang dimuat jurnal Archives of Sexual Behaviour menjelaskan bahwa mereka menilai bahwa wajah perempuan dalam foto menarik. Namun, laki-laki akan menilai perempuan dalam foto jadi kurang menarik ketika melihat ada foto perempuan yang baru.

"Laki-laki menganggap wajah pasangannya kurang menarik dan kurang seksi, terutama untuk hubungan jangka pendek. Ada kecenderungan bagi laki-laki untuk mengejar banyak pasangan karena dapat meningkatkan keberhasilan reproduksinya dengan mengawini beberapa perempuan," kata Anthony Little dari Stirling University School of Natural Sciences seperti dilansir Daily Mail, Kamis (27/6/2013).

Dalam penelitian lain, peserta diperlihatkan foto wajah dan diminta menilai apakah orang dalam foto cukup seksi dan bisa dipercaya. Ketika percobaan diulang untuk kedua kalinya, perempuan menilai wajah laki-laki yang familiar lebih dapat dipercaya dan seksi. Sedangkan pada laki-laki, penilaiannya jadi menurun.

Temuan dari University of Stirling dan University of Glasgow ini memberi pemahaman baru bagaimana kedua jenis kelamin memandang wajah. Menurut para peneliti, nampaknya laki-laki telah berevolusi memaksimalkan keberhasilan reproduksinya dengan mengawini sebanyak mungkin pasangan.

Menurut para peneliti, hasil temuan ini nampaknya dipengaruhi juga oleh efek Coolidge, yaitu laki-laki lebih tertarik oleh pasangan seksual yang baru ketimbang perempuan.Tapi dari segi kepraktisan, tidak masuk akal bisa membesarkan anak dari banyak perempuan berbeda.




(pah/vta)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT