Minggu, 07 Jul 2013 08:05 WIB

Rutin Makan Ikan Salmon Tiap Minggu Buat Anak Lebih Mudah Konsentrasi

- detikHealth
ilustrasi (Foto: ThinkStock) ilustrasi (Foto: ThinkStock)
Jakarta - Olahan daging ikan sebagai makanan dengan segudang manfaat sehat bagi anak sudah tidak diragukan lagi. Tak terkecuali ikan salmon. Nutrisi yang dikandungnya mampu meningkatkan kecerdasan anak dan membuatnya lebih mudah konsentrasi.

"Ada baiknya ibu membiasakan anak untuk menyukai konsumsi daging ikan, salah satunya ikan salmon. Mengapa? Sebab ikan salmon punya banyak manfaat untuk kesehatan anak," tutur Rita Ramayulis, DCN, M.Kes, pakar nutrisi.

Hal tersebut diungkapkan Rita dalam acara talkshow 'Mom & Me: Fakta dan Mitos Ikan Salmon', yang diadakan di Atrium Senayan City, Jl Asia Afrika, Jakarta, dan ditulis pada Minggu (7/7/2013).

"Ikan salmon terkenal akan kandungan DHA-nya yang tinggi. Selain itu, ikan salmon juga mengandung iodine, protein, selenium, omega 3, berbagai vitamin seperti vitamin A, vitamin D, serta vitamin B12," lanjut Rita.

Vitamin A diperlukan bagi kesehatan mata. Vitamin D membantu tubuh dalam menyerap fosfat dan kalsium, sementara vitamin B12 membantu produksi sel-sel darah merah yang dapat mencegah anemia.

Seluruh kandungan nutrisi tersebut dapat membantu menjaga kesehatan anak, meningkatkan kecerdasan anak, dan menjaga kesehatan jantung
anak.

"Anak yang rutin mengonsumsi paling tidak 2-3 porsi olahan ikan salmon setiap minggu lebih sanggup berkonsentrasi dibanding anak yang tidak mengonsumsi ikan salmon," ungkap Rita, yang kini aktif sebagai pengajar jurusan Gizi di Politeknik Kesehatan Jakarta II.

Meskipun begitu, selain rutin mengonsumsi ikan salmon secara rutin tetap dibutuhkan peran serta orang tua, khususnya ibu, untuk membantu anak mengeksplorasi keingintahuannya. Ini agar anak tak hanya sehat, tetapi juga tumbuh cerdas.



(vit/vit)