ADVERTISEMENT

Selasa, 23 Sep 2014 09:02 WIB

Plastik di Pasta Gigi

Kandungan Plastik di Pasta Gigi, Apa Fungsinya?

- detikHealth
Ilustrasi (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Publik Amerika Serikat (AS) heboh saat seorang ahli kesehatan gigi bernama Trish Walraven menulis sebuah produk pasta gigi mengandung banyak serpihan plastik polyethylene. Apalagi serpihan itu ditemukannya juga di saku gusi pasiennya. Sebenarnya apa fungsi kandungan plastik ini?

Adalah pasta gigi Crest yang diproduksi P&G yang disebut Walraven mengandung banyak partikel-partikel kecil dari plastik alias microbeads. Dalam blognya di dentalbuzz.com, Walvaren menampilkan foto situs Crest yang berisi penjelasan tentang kandungan polyethylene. Di lamannya disebutkan bahwa polyethylene adalah kandungan yang aman dan digunakan untuk memberikan warna pada pasta gigi.

"Plastik polyethylene di pasta gigi Anda tujuannya hanya untuk dekorasi saja," kata Walraven di blognya dan dikutip pada Selasa (23/9/2014).

"Ini tidak bisa diterima, bukan hanya oleh saya tetapi juga oleh banyak ahli kesehatan di seluruh negeri," imbuh Walvaren.

Sementara itu mantan ketua Ikatan Dokter Gigi Anak, Prof Heriandi Sutadi, drg, SpKGA (K), PhD, sepengetahuannya, pasta gigi dengan polyethylene di Indonesia tidak populer. Di Indonesia, kandungan fluoride di pasta gigilah yang lebih populer.

"Dikasih polyethylene itu untuk apa ya? Kalau biar ada yang kasar-kasar untuk membersihkan gigi, sepanjang tidak berlebihan sebenarnya nggak masalah bagi pasien. Asal kumurnya bersih, bisa dikeluarkan lagi. Yang nggak boleh itu kalau tertelan. Dalam jumlah yang tidak aman, kalau tertelan tentu bahaya," tutur Prof Heriandi dalam perbincangan dengan detikHealth.

Prof Heriandi menambahkan pasta gigi juga mengandung deterjen. Inilah yang membuat pasta gigi berbusa saat disikatkan di gigi. Umumnya busa ini akan dibuang. Namun bisa jadi deterjen tertelan. "Kalau perutnya nggak kuat, karena menelan deterjen, maka yang bersangkutan bisa saja diare," imbuhnya.

Atas kekhawatiran publik terkait kandungan polyethylene di pasta gigi Crest, P&G menyebut sangat memahaminya. Namun mereka memastikan kandungan dalam produknya aman dan telah mendapat persetujuan dari Food and Drug Administration (FDA). Di Facebook-nya, mereka juga menyebut bahwa beberapa merek pasta gigi lainnya menggunakan kandungan ini.

Akan tetapi demi mendengar suara konsumen yang berkembang, kandungan polyethylene akan dihilangkan dari pasta gigi Crest. Mereka juga menekankan bahwa banyak produknya yang saat ini bebas dari kandungan polyethylene.

"Meskipun microbeads aman dan FDA menyetujui penambahan bahan ini, tapi dengan gembira kami melaporkan bahwa banyak produk kami yang sudah bebas dari microbeads. Lebih lanjut, kami akan benar-benar bebas dari microbead dalam waktu enam bulan. Pada Maret 2016 kami bisa memastikan bahwa semua produk Crest akan bebas microbead," jelas P&G mengomentari kekhawatiran konsumennya di Facebook.

(vta/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT