Jumat, 30 Jan 2015 10:05 WIB

Ria Irawan Posting Foto Rahim untuk Memotivasi Pengidap Kanker

- detikHealth
Ria Irawan (Foto: detikHot)
Jakarta - Aktris Ria Irawan tengah berjuang mengadapi kanker kelenjar getah bening stadium 3, setelah sebelumnya menjalani operasi untuk mengangkat rahim yang mengalami penebalan. Foto rahimnya tersebut bahkan diupload ke jejaring Path.

Hal itu diungkap oleh sahabatnya sesama artis, Julia Perez alias Jupe. "Saat orang-orang posting daging kurban, seorang Ria Irawan memposting foto rahimnya," tutur Jupe dalam seminar kanker di Gedung Kementerian Kesehatan, seperti ditulis Jumat (30/1/2015).

Tentunya bukan tanpa alasan Ria memajang foto rahimnya terebut. Menurutnya, foto tersebut diharapkan bisa menjadi pembelajaran bagi para perempuan agar rajin melakukan deteksi dini. Jika terdeteksi sejak dini, peluang sembuh dari kanker pasti lebih besar.

"Seperti Jupe kan, akhirnya cepat ditangani karena cepat juga deteksinya," sahut Ria.

Baca juga: Jupe Sebut Kanker Seperti Arisan, Siapa Saja Bisa Kena

Ria mengisahkan, ia mengetahui adanya kanker yang menggerogoti rahimnya sejak 2009. Karena takut, Ria tidak langsung membawanya ke dokter untuk berobat. Alhasil, kanker tersebut menjalar hingga kelenjar getah bening.

Kepada orang-orang yang tengah berjuang menghadapi kanker, Ria berpesan untuk selalu menjaga semangat hidup. Bagi mereka yang tidak mempunyai kanker, Ria berpesan untuk menjaga hidup yang sehat da berkualitas agar tidak perlu kena kanker.

"Buat pengidap kanker, harus mau berjuang lawan kanker. Mereka, saya dan Jupe harus semangat berobat kalau mau sembuh," tandas Ria.

Baca juga: Kanker Kelenjar Getah Bening, Haruskah Rahim Diangkat Seperti Ria Irawan?

(up/up)