Tergantung Ras, Gejala Menopause Wanita Bisa Sampai Bertahun-tahun

ADVERTISEMENT

Tergantung Ras, Gejala Menopause Wanita Bisa Sampai Bertahun-tahun

- detikHealth
Selasa, 24 Feb 2015 08:00 WIB
ilustrasi (Foto: thinkstock)
North Carolina - Ketika seorang wanita memasuki masa menopause dirinya dapat mengalami berbagai gejala mulai dari mudah berkeringat hingga wajah yang merona merah (hot flash). Tak jarang orang menjadi tak nyaman dan ingin agar fase ini cepat usai, namun studi terbaru menunjukkan pada beberapa wanita gejala bisa tetap ada bahkan sampai bertahun-tahun.

Sebelumnya tidak ada yang tahu berapa lama persisnya durasi gejala menopause bisa datang. Peneliti dari Wake Forest Baptist Medical Center menggunakan data dari 1.500 wanita untuk memberi patokan dan menemukan rata-rata gejala muncul sampai 7 tahun.

Baca juga: 8 Gejala Wanita Akan Memasuki Masa Menopause

Peneliti menulis di JAMA Internal Medicine bahwa ras dan kapan pertama kali gejala muncul akan sangat menentukan panjangnya durasi. Untuk wanita Amerika Serikat dilaporkan gejala bisa muncul sampai 10 tahun, wanita hispanik 9 tahun, wanita kulit putih non-hispanik enam setengah tahun, dan wanita jepang 5 tahun.

"Kami sedikit terkejut ketika mengetahuinya pertama kali, tapi ini penting untuk memahami bahwa ada banyak variasi. Beberapa wanita ada yang tidak pernah alami gejala, dan ada beberapa yang mengalaminya sepanjang hari," ujar pemimpin studi Dr. Nancy Avis seperti dikutip dari Reuters pada Selasa (24/2/2015).

Avis mengatakan selama durasi 7 tahun tersebut bukan berarti seorang wanita akan mengalami terus gejala menopause. Pada beberapa waktu gejala mungkin bisa muncul parah atau sering tapi tidak terus menerus.

Untuk mengurangi gejala jika dirasa terlalu menyiksa, Avis menyarankan untuk menemui dokter yang mampu menangani terapi hormon. Gejala akan berkurang namun risiko kanker payudara bisa bertambah sehingga biasanya terapi tidak akan dilakukan dalam jangka panjang.

"Kita juga tahu bahwa ketika hormon terapi dihentikan akan ada efek sampingnya dan gejala bisa tambah parah. Mungkin saat gejala menopause datang Anda bisa mencoba akupunktur, yoga, dan meditasi yang bisa membantu pada beberapa wanita," tutup Avis.

Baca juga: Agar Santai Menjalani Menopause, Wanita Perlu Pahami 5 Hal Ini

(up/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT