Rabu, 11 Mar 2015 18:07 WIB

Otot Perutnya Lumpuh, Ibu Ini Sudah Tujuh Tahun Tak Makan

- detikHealth
Nichols (cascadenews)
Boston - Bayangkan seumur hidup Anda hanya bisa mendapatkan nutrisi dari tabung yang mengalirkan cairan makanan. Jika memaksakan diri menelan makanan, Anda akan memuntahkannya kembali ditambah dengan rasa sakit. Hal inilah yang terjadi pada Nicola Nichols (25) dari Boston, Inggris.

Nichols memiliki gastroparesis, sebuah kondisi di mana saraf serta otot perutnya bermasalah sehingga tidak bisa mendorong makanan maju. Nichols bercerita ia mengidap kondisi ini pertama kali setelah dirinya terserang flu pada tahun 2008.

Baca juga: Terpaksa Makan Pakai Selang Karena Alergi Semua Makanan https://health.detik.com/read/2012/03/26/095212/1876061/763/terpaksa-makan-pakai-selang-karena-alergi-semua-makanan

"Saya tak bisa menekankan seberapa parah flu ini, saya menyebutnya flu manusia. Ibu saya waktu itu juga terkena flu tapi sedikit berbeda dengan apa yang saya alami. Saat saya mulai muntah-muntah, rasanya sakit dan sejak itu saya belum bisa berhenti muntah," ujar Nichols seperti diberitakan Daily Mail dan dikutip dari berbagai sumber pada Rabu (11/3/2015).

Awalnya dokter mengira Nichols memiliki gangguan perilaku makan. Namun pemeriksaan lebih lanjut menunjukkan Nichols alami gastroparesis dan dokter pun memasang alat pemicu otot perut pada dirinya. Alat akan memberikan sinyal pada saraf perut yang rusak dan kemudian menstimulasi otot untuk mencerna.

Sayangnya operasi gagal dan Nichols alami kegagalan pencernaan. Ususnya tak mampu mencerna makanan dan menyerap nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk hidup. Oleh karena itu Nichols kini 'makan' lewat tabung yang langsung memberikan nutrisi ke aliran darah.

"Kita selalu bilang bahwa kita menganggap remeh apa yang bisa kita makan dan minum sampai tidak bisa lagi. Saya masih memasak untuk anak-anak dan aroma serta tampilannya terlihat menggoda, namun kalau saya mencicip segigit saja nanti saya akan merasa sangat sakit," ujar ibu dari dua orang anak ini.

Gastroparesis sendiri biasanya dapat disebabkan oleh parkinson, diabetes, atau komplikasi dari operasi. Akan tetapi terkadang tidak ada penyebab yang jelas. Ada laporan beberapa orang yang terkena Gastroparesis setelah terserang flu, keracunan makanan, virus, dan setelah minum antibiotik.

Baca juga: Derita Bocah yang Tak Pernah Bisa Makan Lewat Mulutnya

(fds/vta)