Tengah Dikembangkan, Teknik Regenerasi Sel untuk Obati Sakit Jantung

ADVERTISEMENT

Tengah Dikembangkan, Teknik Regenerasi Sel untuk Obati Sakit Jantung

- detikHealth
Senin, 13 Apr 2015 20:00 WIB
Jakarta -

Penyakit jantung selain dipengaruhi faktor turunan juga dapat dipicu gaya hidup tidak sehat dan kondisi lingkungan. Baru-baru ini, peneliti menemukan terobosan terbaru yang diyakini bisa menjadi pilihan lain pengobatan sakit jantung dengan memanfaatkan proses regenerasi sel.

Para peneliti di Weizmann Institute of Science di Israel dan Victor Chang Institute di Australia yakin bahwa timnya telah berhasil meregenerasi sel-sel jantung mamalia. Meskipun untuk saat ini, percobaan baru dilakukan pada tikus laboratorium. Tetapi, mereka memastikan akan mengonfirmasi apabila ada perkembangan.

"Kami memprediksi dalam waktu lima tahun teknik ini bisa diaplikasikan pada manusia. Sel darah, kulit, dan rambut manusia terus beregenerasi, namun hal ini tidak berlaku untuk sel-sel jantung, yang berhenti beregenerasi tepat setelah seseorang dilahirkan," kata salah satu peneliti dalam laporannya dan dikutip dari Medical Daily, Senin (13/4/2015).

Peneliti menekankan, keterbatasan biologis ini tidak berlaku pada semua hewan. Salamander dan zebrafish misalnya, dapat dengan mudah meregenerasi sel hati mereka sepanjang hidupnya. Nah, setelah melakukan percobaan selama lima tahun tersebut, peneliti percaya bahwa mereka telah menemukan cara untuk meniru kemampuan alami ini.

Baca juga : Mau Cek Kesehatan Jantung? Ini Dia Jenis-jenisnya

Neuregulin adalah hormon yang merangsang sel-sel jantung untuk berkembang. Meskipun proses produksi alami hormon ini biasanya berhenti tepat saat tikus percobaan lahir, di mana hal ini juga kemungkinan besar terjadi pada manusia, para peneliti telah menemukan cara untuk mengatasinya. Peneliti mengungkapkan dengan merangsang sistem tertentu dapat memicu produksi neuregulin supaya regenerasi sel-sel jantung bisa tertap terjadi.

Ketidakmampuan untuk regenerasi sel-sel jantung adalah masalah khusus bagi mereka yang telah menderita serangan jantung. Ketika plak menumpuk di arteri, akan terbentuk bekuan darah yang dalam ukuran besar bisa menghalangi aliran darah ke jantung dan menyebabkan jaringan mati.

Baca juga : Mengobati Penyakit Jantung Bawaan Anak Tanpa Operasi

Menurut American Heart Association, kadang-kadang kerusakan yang terjadi pada jaringan di jantung dapat menyebabkan kerusakan jangka panjang dan membuat jantung lebih lemah sehingga tidak mampu memompa darah dengan optimal. Oleh karena itu, melalui uji coba regenerasi sel ini, peneliti berharap temuan ini bisa menjadi terbosan yang baik untuk membantu mengobati penyakit jantung.

(rdn/vit)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT