Rabu, 15 Apr 2015 08:40 WIB

Kunci Agar Tak Nyeri Leher Saat Pakai Gadget: Peregangan dan Ubah Kebiasaan

- detikHealth
Ilustrasi (Foto: Thinkstock)
Jakarta -

Asyik memainkan gadget terutama smartphone membuat seseorang harus menunduk dalam waktu lama. Akibatnya, bisa timbul keluhan nyeri di sekitar leher atau disebut juga dengan text neck.

Diutarakan dr Andri Primadhi SpOT dari Staf Divisi Foot and Ankle, Departemen Orthopaedi dan Traumatologi, FK Universitas Padjadjaran/RS Hasan Sadikin, text neck adalah keluhan yang timbul akibat terlalu lama menunduk untuk menggunakan gadget, termasuk saat bermain games atau mengirim teks.

"Walaupun sebenarnya kelainan ini sudah sejak lama ada akibat pekerjaan sehari-hari, misalnya seperti menulis," tutur dr Andri, dalam perbincangan dengan detikHealth dan ditulis pada Rabu (15/4/2015).

Ketika text neck terjadi, beberapa gejala yang bisa dialami di antaranya nyeri di area kepala, leher, punggung atas dan bahu serta berubahnya kelengkungan tulang leher. Text neck terjadi karena dalam posisi menunduk terus- menerus, ada tekanan berlebih di sekitar leher.

"Normalnya, tulang-tulang leher sudah menerima beban berat saat harus menopang berat kepala. Di saat kepala condong ke depan misalnya saat menggunakan gadget, beban yang diterima leher akan berlipat kali lebih berat, itulah sebabnya timbul keluhan," kata dr Andri.

Baca Juga: Dipakai Berlebihan, Ini Efek 'Jahat' Smartphone Bagi Kesehatan

Lantas, bagaimana penanganan text neck? "Yang terpenting adalah mengubah kebiasaan yaitu dekatkan gadget dengan mata sebisa mungkin. Diperlukan juga latihan untuk peregangan dan penguatan otot-otot leher, contohnya chin tuck exercise," kata dr Andri.

Dikutip dari Spine Universe, chin tuck exercise bisa dilakukan dengan berbaring. Dalam posisi tubuh lurus, dekatkan dagu ke arah dada, tahan selama lima detik atau sampai Anda merasa nyaman saat melakukan peregangan ini. Lakukan gerakan ini kurang lebih sepuluh kali.

Latihan ini juga bisa dilakukan sambil duduk atau berdiri. Dengan posisi tubuh tetap tegak, tarik kepala ke belakang dan tahan selama lima detik, kemudian dorong kepala ke arah depan dan tahan kembali selama lima detik. Saat melakukan gerakan ini, pastikan posisi tubuh saat duduk atau berdiri tetap tegak.

Baca Juga: Cara-cara Ini Diyakini Bisa Cepat Hilangkan Cupang di Leher

(rdn/up)