Kamis, 21 Mei 2015 15:46 WIB

Agar Lebih Aman, Saat Cium Cucu Sebaiknya Kakek dan Nenek Sudah Divaksin

Firdaus Anwar - detikHealth
Foto: Ilustrasi/Thinkstock
Jakarta - Ketika cucu datang berkunjung kebiasaan yang umum dilakukan oleh kakek nenek adalah memeluk dan menciumnya. Kejadian ini mungkin biasa saja, namun perlu diperhatikan apabila sang kakek atau nenek belum menerima vaksin karena bisa mengakibatkan hal yang tak diinginkan.

Pada umur 70 tahun ke atas kondisi tubuh seseorang yang lanjut usia (lansia) akan sangat menurun. Ketua Perhimpunan Gerontologi Medik Indonesia (PERGEMI) Profesor Dr dr Siti Setiati, SpPD-KGer, MEpid, FINASIM, mengatakan bahkan influenza saja bisa mengakibatkan berbagai komplikasi infeksi serius seperti pneumonia yang membahayakan jiwa.

Influenza sangat mudah menular namun pada beberapa orang gejala tak selalu muncul karena mereka memiliki imunitas yang kuat. Studi peneliti dari Universitas Padjajaran (UNPAD) menemukan sekitar 20 persen anak-anak sehat normal memiliki kuman streptococcus pneumoniae.

Baca juga: Vaksinasi, Salah Satu Cara Agar Tetap Sehat di Masa Senja

"Dia bisa menjadi sumber penularan. Nah karena itu orang-orang yang berisiko terhadap pneumonia ini harus menjalani vaksinasi. Jadi kita enggak punya jaminan bahwa lingkungan itu nggak ada virus dan kumannya," ujar Ketua Satgas Imunisasi Dewasa Prof Dr dr Samsuridjal Djauzi, SpPD, K-AI, FINASIM, FACP, ketika ditemui pada peringatan Hari Lanjut Usia di Hotel Double Tree, Cikini, Jakarta, Kamis (21/5/2015).

Anak-anak biasanya lebih banyak mendapat perhatian dan telah menerima berbagai vaksin sehingga lebih kebal. Namun hal ini tak terjadi pada lansia sehingga mereka sangat rentan terhadap penyakit.

"Generasi muda itu sudah ada program nasional yang menjamin semua dapat imunisasi. Saya bukan mengatakan jangan cium-cium cucu atau cium nenek, kekeluargaan harus tetap dilakukan tapi lindungilah diri kita masing-masing," tutup dr Samsuridjal.



(Firdaus Anwar/Nurvita Indarini)