Kamis, 23 Jul 2015 07:33 WIB

Bukan Pakai Uang, Tiket Konser di Rumania Ini 'Dibayar' Pakai Darah

Firdaus Anwar - detikHealth
Poster Festival Untold (Foto: BBC) Poster Festival Untold (Foto: BBC)
Bucharest -

Terinspirasi dari makhluk vampir, sebuah festival musik di Rumania menawarkan tiket gratis atau diskon untuk orang-orang yang mendonasikan darahnya.

Festival Untold dikatakan oleh panitia sengaja dibuat untuk mendorong budaya donasi darah rakyat Rumania. Bekerja sama dengan Romania's National Blood Transfusion Institute, festival diharap dapat meningkatkan populasi donor aktif yang kurang dari 2 persen dari total populasi.

Vampir menjadi inspirasi dan ikon untuk promosi festival karena wilayah Rumania memang terkenal asosiasinya dengan drakula.

Baca juga: Ubah Stigma, Majalah Ini Dicetak Khusus Memakai Darah Orang dengan HIV

"Mengingat Rumania tengah menghadapi kekurangan darah parah di fasilitas-fasilitas medisnya, kampanye mengambil inspirasi dari mitos untuk menarik perhatian masyarakat ke masalah sebenarnya," ujar pemimpin festival Bogdan Buta seperti dikutip dari BBC pada Kamis (23/7/2015).

Pengunjung festival yang mendaftar jadi donor darah secara online akan menerima diskon, sementara mereka yang langsung datang ke Bucharest dan Cluj akan diberikan tiket gratis untuk satu hari di tempat.

Dengan jumlah donor aktif kurang dari 2 persen populasi, Romania adalah negara di Eropa dengan jumlah donor terendah.

Baca juga: Galakkan Donor Darah, Swedia Pakai Trik Jitu dengan Menggunakan SMS

(fds/up)