Rabu, 23 Sep 2015 19:35 WIB

Pria Bisa Mengetahui Wanita Berbohong Hanya dengan Menatap Wajahnya

Jeems Suryadi Gani - detikHealth
Foto: thinkstock
Jakarta - Apakah Anda memiliki teman pria yang ahli dalam membaca wajah wanita untuk kemudian memberi penilaian atas tingkat kesetiaan sang wanita? Percaya atau tidak, riset yang  baru-baru ini dipublikasikan PLOS-One mengatakan pria memang memiliki kemampuan seperti itu.
 
Sebanyak 100 mahasiswa dari University of Western Australia direkrut untuk ambil bagian dalam sebuah penelitian untuk mencari tahu kemampuan pria dalam memprediksi tingkat kesetiaan wanita hanya dengan melihat foto. Dalam studi berjudul 'Men's Sexual Faithfulness Judgments May Contain a Kernel of Truth' seperti dikutip dalam Medical Daily, penulis menuturkan "Hasil menunjukan bahwa pria memang benar-benar mampu menilai tingkat kesetiaan wanita hanya dengan melihat atau menatap wajahnya."

Baca juga: Studi: Kebiasaan Merokok Anak Juga 'Ditularkan' dari Orang Tua
 
Eksperimen pertama dilakukan dengan meminta 43 pria menilai tingkat kesetiaan, dengan indeks 1-7, dari 34 model wanita usia 20 sampai 42 dengan melihat fotonya. Penilaian dilakukan dengan melihat foto wajah kemudian foto seluruh tubuh. 44 orang tambahan diminta menilai model berdasarkan tingkat kepercayaan dan daya tariknya. Tanpa diketahui para pria, para model telah membeberkan fakta apakah mereka pernah menjalin hubungan percintaan dengan banyak orang, setengah dari mereka mengaku pernah dan lainnya tidak.

Lalu mereka diminta menentukan sepasang foto wanita yang terlihat paling setia, yang satu atas alasan mereka pernah diselingkuhi dan satunya yang memang kelihatan setia. Tes kesetiaan oleh pria ini hanya akan efektif ketika mereka membandingkan dua foto saja. Meminta mereka menilai setiap individunya  hanya akan membuat para pria seperti asal tebak.

Baca juga: Tahukah Anda, Kini Selfie Lebih Mematikan Dibanding Serangan Hiu
 
Ternyata, hasil lebih akurat muncul pada saat mereka hanya melihat foto wajah para model, dibanding melihat seluruh tubuh. Kemudian hanya penilaian tingkat kepercayaan yang punya hubungan dengan tingkat kesetiaan. Pada intinya, pria tidak akan bergantung hanya pada penampilan tubuh seorang wanita ketika menentukan apakah sang hawa akan tetap setia atau tidak.
 
Sebelum memutuskan untuk memulai sebuah hubungan, perlu diketahui bahwa pria akan lebih akurat dalam menentukan pilihan antara dua wanita. Pria bisa menentukan secara lebih akurat mana yang lebih setia, dan mungkin tidak akan memilih mereka yang terlihat tidak baik.
 
"Ini sangat mengejutkan karena pria mampu menunjukkan akurasi yang tinggi hanya dengan melihat foto, karena biasanya kita menilai tingkat kesetiaan melalui info perilakunya," ujar para peneliti seperti dikutip dari Medical Daily, Rabu (22/09/2015). (fds/up)