Jumat, 02 Okt 2015 18:58 WIB

Supaya Saluran Napas Bersih, Cuci Hidung Dua Kali Sehari

Firdaus Anwar - detikHealth
Foto: Thinkstock
Jakarta - Bulu halus dalam hidung adalah salah satu bentuk pertahanan tubuh terhadap benda asing. Ia akan bergerak maju mundur sesuai tarikan napas dan memerangkap partikel debu yang berusaha masuk.

Ketika polusi udara tinggi seperti pada fenomena kabut asap yang kini terjadi di Riau dan sekitarnya, maka bulu hidung akan banyak memerangkap kotoran. Dengan sendirinya lendir akan keluar untuk membuang kotoran namun bila berlebih hidung juga bisa jadi tersumbat.

"Partikel itu kalau berada dalam hidung jangka waktu lama akan menyebabkan kita sakit ISPA (infeksi saluran pernapasan akut -red). Hidung sebetulnya punya mekanisme pembersihan sendiri tapi kalau partikelnya banyak mekanisme ini enggak normal," ujar dr Purna Irawan, SpTHT, dari RSUP Persahabatan kepada media ketika ditemui di Rawamangun, Jakarta Timur, Jumat (2/10/2015).

Baca juga: Ini Masker yang Disarankan untuk Hadapi Kabut Asap

Untuk warga yang tinggal di daerah berpolusi tinggi dr Purna menyarankan agar sering-sering mencuci hidung setidaknya dua kali sehari. Gunakan cairan natrium chlorida (NaCL) dengan bantuan alat suntik untuk mencuci bulu-bulu hasil yang berada di bagian dalam hidung.

"Pakai spetnya, jadi jarumnya dibuang. Tuangkan cairan NaCL ke wadah, ambil 10 cc, kemudian kita semprotkan ke hidung. Buka mulut tahan napas," papar dr Purna.

"Kalau yang bagus dia itu akan masuk ke hidung kiri keluarnya di hidung kanan. Kalau hidungnya mampet banyak iritan bengkak gitu, kadang masuk sebelah kiri keluar kiri juga nah itu kita semprotkan lagi sebelah kanannya," lanjut dr Purna.

Alasan mengapa cairan NaCL yang digunakan bukan air biasa adalah karena NaCL mirip dengan cairan tubuh. Menurut dr Purna bila seseorang melakukan hal yang sama tapi dengan air biasa maka orang tersebut akan merasakan sakit.

"Nyeri. Sakit nanti sinusnya," tutup dr Purna.

Baca juga: Kurangi Dampak Kabut Asap, Masyarakat Diimbau Atur Ventilasi Rumah
(fds/vit)