Kamis, 29 Okt 2015 13:32 WIB

Jelang Musim Hujan, Dokter Sarankan Vaksinasi Influenza

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Foto: urfinguss Foto: urfinguss
Jakarta - Penyakit influenza ternyata tak sekadar menyebabkan demam dan batuk saja. Pada kelompok orang lanjut usia, influenza bisa menimbulkan komplikasi seperti gagal jantung dan juga stroke.

dr Sukamto Koesnoe, SpPD, K-AI, dari Satgas Imunisasi Dewasa, Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) mengatakan secara umum, sistem kekebalan tubuh orang yang sudah lanjut usia sudah tidak lagi sempurna. Karena itu mereka sangat rentan terserang penyakit infeksi, tak terkecuali influenza.

"Nah ketika influenza menyerang, sistem kekebalan tubuh akan berupaya untuk melawannya. Pada lansia, kekebalan tubuhnya sudah berkurang sehingga metabolisme tubuh akan meningkat. Metabolisme membuat denyut jantung berdetak lebih cepat dan keras, sehingga berisiko mengalami gagal jantung," ungkap dr Sukamto, dalam temu media di Hotel Ibis Cawang, Jl MT Haryono, Jakarta Timur, Kamis (29/10/2015).

Baca juga: Flu Bisa Memicu Stroke, Pakar Kesehatan Anak Anjurkan Vaksinasi 

Prinsip yang sama juga berlaku untuk stroke. Karena kebutuhan oksigen untuk sistem metabolisme meningkat, tekanan darah juga akhirnya akan naik dan bisa memicu pecahnya pembuluh darah yang menyebabkan stroke.

Dikatakan dr Sukamto, risiko stroke, gagal jantung dan komplikasi lainnya ini bukan tanpa alasan. Beragam penelitian sudah membuktikan risiko komplikasi influenza pada lansia. Bahkan data WHO menyebut 500.000 orang meninggal dunia setiap tahun akibat influenza, dan lebih dari 70 persennya merupakan lansia.

Baca juga: Fakta Unik Flu Singapura: Bukan Flu dan Bukan dari Singapura 

"Bukan hanya stroke dan gagal jantung. Influenza juga bisa menyerang saluran pernapasan. Yang punya asma jadi gampang kambuh asmanya, yang punya penyakit paru obstruktif kronik (PPOK) juga jadi lebih berbahaya. Belum lagi risiko masuknya kuman pneumonia dan lainnya," paparnya lagi.

Oleh karena itu dr Sukamto menekankan pentingnya vaksinasi influenza pada orang dewasa, terutama pada kelompok lansia. Vaksinasi influenza membuat risiko tertular influenza turun hingga 79 persen dan mengurangi risiko komplikasi.

"Vaksin influenza harganya hanya Rp 150 ribu sampai Rp 200 ribu saja. Hanya sekali setiap tahun. Mungkin malah lebih mahal biaya pulsa kita atau makan malam untuk satu kesempatan saja," pungkasnya. (mrs/up)
News Feed
Layar Pemilu Terperc
×
Layar Pemilu Terpercaya
Layar Pemilu Terpercaya Selengkapnya