Kamis, 05 Nov 2015 17:30 WIB

Mengenal TB Kelenjar, Penyakit yang Menyerang Artis Misye Arsita

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Foto: Dok. detikhot Foto: Dok. detikhot
Jakarta - Artis senior Misye Arsita telah berpulang untuk selama-lamanya. Sebelum meninggal, bintang sinetron 'Jin dan Jun' ini dikabarkan mengidap TB kelenjar.

"Iya sakit kelenjar TBC. Tadinya operasi di Rumah Sakit Sentra Medika Cibinong. Kelenjar TBC yang benjolan di ketiak, dioperasi di situ," kata suami Misye, Agus Tiono beberapa waktu lalu, seperti dikutip dari detikHOT, Kamis (5/11/2015).

Infeksi TB (Tuberculosis atau TBC) memang lebih populer sebagai infeksi paru. Namun dalam banyak kasus, infeksi Mycobacterium tuberculosis juga menjalar ke organ lainnya. Infeksi TB di luar paru-paru dikenal dengan istilah TB ekstra paru atau extrapulmonary TB.

Salah satu organ yang bisa terinfeksi kuman TB adalah kelenjar getah bening, seperti yang dialami Misye. Salah satu gejala yang muncul pada infeksi TB di organ ini adalah benjolan di sekitar ketiak atau leher, tempat kelenjar getah bening berada.

Baca juga: Anak Kena TB Getah Bening, Apakah Menular? 

Di India, TB kelenjar banyak menyerang anak usia 14 tahun ke bawah dengan angka kejadian 4,4 kasus tiap 1.000 penduduk. Sedangkan di Amerika Serikat, sekitar 20 persen pasien TB punya penyakit ekstrapulmonari dan TB kelenjar ditemukan pada 30-40 persen kasus.

Tidak diketahui pasti bagaimana kuman TB bisa menjalar ke bagian tubuh tertentu. Menurut dr M. Arifin Nawas, SpP(K), MARS dari Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI), daya tahan tubuh adalah kunci utama untuk mencegah persebaran kuman TB di dalam tubuh.

"Kuman TB itu unik, sekali masuk ke dalam tubuh maka dia tidak akan mau keluar. Dia juga bersifat multisistem, jadi bisa menyerang organ tubuh lain. Semua bergantung daya tahan tubuh. Kalau bagus, ya tidak sakit," tegas dr Arifin seperti diberitakan detikHealth sebelumnya.

Baca juga: Kuman TB Juga Bisa Serang Jantung, Otak dan Ginjal, Bagaimana Mencegahnya? (up/vit)