Kamis, 10 Des 2015 20:03 WIB

Menjilat Luka Ampuh Percepat Proses Penyembuhan Luka, Mitos atau Fakta?

Radian Nyi Sukmasari - detikHealth
Foto: thinkstock
Jakarta - Pernahkah jari tangan tak sengaja tergores pisau lalu terluka, lantas Anda langsung menjilat luka atau mengisap jari tersebut? Jika ya, langkah yang Anda lakukan tak sepenuhnya salah. Sebab, studi menyebutkan menjilat luka bisa mempercepat proses penyembuhan luka.

Dalam laporannya di jurnal Blood, peneliti mengungkapkan bahwa air liur mengandung sel darah putih. Seperti diketahui, sel darah putih bertugas untuk melawan penyakit dan infeksi. Di dalam air liur juga terkandung lendir yang bersama dengan sel darah putih membuat bakteri menjebak jaring yang membantu penyembuhan luka.

"Tampaknya memang tepat lendir di air liur bisa merangsang sel darah putih untuk membentuk jaring DNA dan protein yang efektif untuk menyembuhkan luka," kata salah satu penulis studi Ole E Sorensen, MD, PhD dari laboratorium penelitian infeksi di Sweden's Lund University.

Ia mengatakan, tidak ada salahnya jika seseorang menjilat lukanya. Setidaknya, cara itu memiliki manfaat dalam proses penyembuhan luka. Namun, Sorensen memastikan berapa lama luka bisa sembuh dengan bantuan jilatan, akan berbeda reaksinya pada tiap orang.

Baca juga: Tak Perlu Antiseptik, Luka Gores Cukup Dibersihkan dengan Air dan Sabun

"Tapi cara itu terbukti ketika dilakukan percobaan pada tikus yang lukanya lebih cepat sembuh saat tikus tersebut menjilatinya," lanjut Sorensen, seperti dikutip dari Prevention pada Kamis (10/12/2015).

Jika hendak menjilat luka, Sorensen menegaskan pastikan mulut dalam keadaan bersih. Dalam artian tidak ada makanan atau permen yang justru kandungannya dapat memperburuk luka. Selain itu, penting diingat bahwa upaya membantu proses penyembuhan luka dengan menjilat tidak berlaku pada semua bentuk luka.

"Tergantung dari seberapa luas dan dalam luka. Jika Anda terluka parah, pastinya menjilat tidak akan membawa keuntungan apa-apa. Justru Anda harus segera pergi ke RS supaya luka itu bisa segera ditangani," pesan Sorensen.

Baca juga: Luka Gores di Sela Jari Jadi Infeksi, Pria Ini Kehilangan Separuh Kakinya (rdn/vit)