Rabu, 16 Des 2015 10:35 WIB

Tumor Sepanjang 70 Cm Diangkat dari Punggung Nenek Ini

Rahma Lillahi Sativa - detikHealth
Foto: Tuoi Tre News Foto: Tuoi Tre News
Ho Chi Minh - Tumor di belakang lehernya muncul sejak 35 tahun lalu, atau tepatnya saat umur si nenek masih 26 tahun. Saat itu ukurannya tak lebih dari sekuku kakinya.

Namun karena didiamkan, tumor itu pun lama-kelamaan membesar. Putri si nenek yang hanya diketahui dengan inisial LTT itu sempat membawanya ke sebuah rumah sakit rujukan di Thong Nhat Hospital, di ibukota Ho Chi Minh.

Bukannya mendapat perawatan, dokter di sana justru menolak mengoperasi si nenek karena tumor di tubuh LTT rupanya terhubung langsung dengan banyak titik saraf. Si nenek yang berumur 61 tahun itu sempat terpikir tumor itu mungkin akan menemaninya sampai mati.

Baca juga: Tumor Seberat 7,2 Kg di Pipi Pria Ini Akhirnya Berhasil Diangkat

Akan tetapi karena LTT kerap mengeluh kesakitan dan merasa tumor itu membatasi pergerakannya, ia akhirnya disarankan untuk memeriksakan diri ke departemen bedah saraf di rumah sakit tersebut, November lalu.

Atas permintaan putri LTT, salah seorang ahli bedah saraf bernama Dr Bui Duc Nhien berkenan untuk memeriksa si nenek, termasuk melakukan operasi untuk mengangkat tumor dari punggungnya.

Setelah melalui berbagai pemeriksaan dan konsultasi, tindakan operasi akhirnya digelar pada tanggal 27 November lalu. Tumor di punggung LTT juga berhasil diangkat sepenuhnya setelah operasi berlangsung hingga tujuh jam lamanya.

Tumor itu memiliki berat 4,2 kilogram, dan tumbuh sepanjang 70 cm ke bawah, atau setara dengan panjang tubuh seorang bayi.

Lima hari selepas operasi, wanita yang tinggal di Binh Tan Disctrict itu sudah dinyatakan pulih sepenuhnya, meski tidak diketahui kapan ia diperbolehkan pulang. "Saya merasa seperti dibangkitkan dari kematian," tuturnya seperti dikutip dari Tuoi Tre News, Rabu (16/12/2015)

Baca juga: Manusia Penuh Tumor dari Magetan yang Menarik Perhatian Media Asing

Tidak dijelaskan dengan pasti apa jenis tumor yang menyerang nenek LTT. Namun jika dilihat dari bentuknya, bisa jadi ini adalah neurofibromatosis, sebuah kondisi genetik yang memicu tumbuhnya tumor yang tak terkendali di sepanjang saraf penderita.

Neurofibramotisis bisa berupa tumor yang tumbuh memanjang, misal bila mengenai wajah maka wajah pasien bisa terlihat seperti melorot, atau muncul gelembung-gelembung kecil di sekujur tubuhnya, yang sebenarnya juga berupa tumor.

Meski tampak menyeramkan, neurofibromatosis sebenarnya tidak menular, dan tidak menyebar layaknya kanker. (lll/vit)
News Feed