Jumat, 18 Des 2015 10:03 WIB

Cara Cepat Deteksi Stroke dan Penyakit Jantung

Martha HD - detikHealth
Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Stroke adalah salah satu penyakit yang paling dikhawatirkan di Indonesia. Maklum, penyakit yang satu ini bisa mematikan. Bagaimana cara mendeteksinya?

Penyakit ini bisa dideteksi secara dini dengan melakukan pemeriksaan menggunakan Digital Subtraction Angiography (DSA). "DSA merupakan pemeriksaan golden standard dari pembuluh darah otak untuk melihat aliran di pembuluh darah arteri sampai jaringan. Kamudian akan ke pembuluh vena secara langsung dan terus-menerus menggunakan alat angiografi atau keterisasi," kata dr Jacub Pendelaku, Sp.Rad (K).

Hal itu disampaikannya dalam talkshow di Auditorium RS Bethsaida, Gading Serpong, Tangerang Selatan, Kamis (17/12/2015).

Baca juga: Rokok Dibatasi Bakal Bikin Negara Rugi? Ah Siapa Bilang

DSA merupakan sebuah metode untuk mendeteksi atau melihat adanya kelainan pembuluh darah otak. Kalainan itu berupa penyempitan, sumbatan, pelebaran pembuluh darah yang terjadi pada arteri dan vena. Efek samping yang diakibatkan dari metode DSA adalah luka di lokasi yang dimasukkan selang, mual dan pusing namun tidak parah.

Tidak hanya bisa dilakukan untuk mendeteksi stroke, DSA juga bisa mendeteksi penyakit lain yang berhubungan dengan pembuluh darah.

Dalam kesempatan yang sama, dr Raja Adil C. Siregar, MM, SpJP menyebut penyakit lain yang juga mematikan adalah penyakit jantung. Untuk penyakit ini, deteksinya antara lain dapat dilakukan dengan melakukan pemeriksaan calcium scoring.

"Pemeriksaan calcium scoring sangat bermanfaat untuk screening mendeteksi adanya sumbatan di pembuluh darah koroner jantung. Hal tersebut dikarenakan pemeriksaan calcium scoring langsung ke anatomi koroner," ujar dr Raja.

Baca juga: Efek Kanker Juga Merusak Jantung

Hasil dari pemeriksaan calcium scoring sangat bermanfat untuk screening supaya mengetahui sumbatan pembuluh darah koroner. Cara itu juga jauh lebih murah daripada melakukan CT scan dan hasilnya lebih cepat keluar hanya sekitar 30 menit. (vit/vit)