Jumat, 22 Jan 2016 12:00 WIB

Waspada Virus Zika, El Savador Sarankan Tunda Hamil Selama 2 Tahun

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Foto: thinkstock Foto: thinkstock
Jakarta - Infeksi virus Zika yang meluas di benua Amerika membuat pemerintah El Savador resah. Mereka menyarankan agar negara-negara benua Amerika memberlakukan larangan hamil selama dua tahun.

Deputi Menteri Kesehatan El Savador, Eduardo Espinoza, mengatakan virus zika berbahaya bagi janin dan ibu hamil. Oleh karena itu ada baiknya jika kehamilan ditunda hingga 2018, sembari pemerintah mencari cara untuk menanggulangi masalah ini.

"Kami menyarankan agar wanita yang dalam usia subur untuk lebih merencanakan kehamilan mereka, dan menghindari hamil di tahun ini dan tahun depan," tutur Espinoza, dikutip dari Reuters, Jumat (22/1/2016).

Baca juga: Infeksi Zika di Colombia Berlanjut, Diprediksi Mencapai 700 Ribu Kasus

Keputusan ini diambil setelah banyaknya kasus infeksi Zika di El Savador. Tercatat ada 5.397 kasus virus Zika tahun lalu, dan masih terus bertambah di awal tahun ini.

Meski penelitian lebih dalam masih perlu dilakukan, namun pakar mengatakan ada kaitan antara virus Zika dengan risiko mikrosefalus, kondisi di mana perkembangan otak bayi terhambat dan lahir dengan kepala lebih kecil daripada biasanya.

Pemberlakukan larangan hamil ternyata juga dilakukan oleh Colombia. Pemerintah Colombia menganjurkan perempuan untuk menunda kehamilan hingga 6-8 bulan ke depan, untuk menghindari kemungkinan terinfeksi.

Colombia saat ini menempati urutan kedua dengan kasus infeksi virus zika terbanyak setelah Brazil. Sebanyak 560 ibu hamil di negara tersebut termasuk yang terinfeksi, meski belum dilaporkan adanya kasus mikrosefali seperti yang terjadi di Brazil.

Baca juga: Bantuan Nyamuk Mutan Diturunkan untuk Lawan Virus Zika di Brazil

Virus zika termasuk dalam keluarga flavavirus, masih berkerabat dengan virus dengue dan chikungunya. Ditularkan oleh nyamuk yang sama dengan virus dengue (DENV), infeksi virus zika (ZIKV) bersifat mild.

(mrs/vit)
News Feed
CNN ID
×
Layar Demokrasi
Layar Demokrasi Selengkapnya