Sabtu, 13 Feb 2016 16:01 WIB

Ini Efeknya Bila Gigi Ompong Dibiarkan Saja

Martha Heriniazwi Dianthi - detikHealth
Foto: Thinkstock
Jakarta - Beberapa orang yang kehilangan gigi tetapnya mungkin malas membuat gigi tiruan. Bila gigi dibiarkan ompong, adakah dampaknya?

"Kalau gigi ompong terus dibiarkan saja akan membuat tulang lama-lama akan abis dan rata. Akibatnya, permukaan gusi dan lidah akan sama datarnya," kata drg Laura Zaizavonna dalam diskusi Seputar Kesehatan Tulang dan Rongga Mulut Bagi Lansia di Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Sabtu (13/2/2015).

Baca juga: Gigi Susu Kan Pasti Tanggal, Kenapa Harus Disambung Kalau Patah?

Dampak dari permukaan gusi dan lidah yang rata adalah ketidakmampuan untuk mengonsumsi makanan yang keras seperti daging. Tidak hanya itu, dampak lebih jauh adalah gangguan pencernaan yang disebabkan oleh makanan yang tidak dikunyah terlebih dahulu dan langsung ditelan.

"Sebelum terjadi kondisi tersebut, harus segera pasang gigi tiruan untuk mengganti gigi yang lepas. Awalnya memang tidak nyaman, namun bisa dikonsultasikan ke dokter gigi yang membuatnya agar bisa disesuaikan," sambung drg Laura.

Baca juga: Ini Akibatnya Jika Terlalu Sering 'Absen' Sikat Gigi Sebelum Tidur

Nah, untuk penggunaan gigi palsu, drg Laura mengingatkan agar tetap menjaga kebersihan gigi palsu dan mulut. "Percuma dong kalau sudah dibuat bagus-bagus sama dokter gigi terus baru sebentar sudah nggak nyaman. Makanya, gigi palsu juga perlu dijaga kebersihannya," kata drg Laura.

Perawatan gigi palsu sebenarnya tidak jauh berbeda dengan gigi asli. Khusus untuk gigi palsu yang bisa dilepas-pasang sendiri, sekali waktu butuh diistirahatkan.

(vit/vit)