Selasa, 16 Feb 2016 08:14 WIB

Pria Amnesia Ini Ingat Kembali Identitasnya 30 Tahun Kemudian

Firdaus Anwar - detikHealth
Ilustrasi (Dok. Thinkstock)
Jakarta - Seorang pria berumur 51 tahun yang berasal dari sebuah panti jompo di daerah Ontario, Kanada, tiba-tiba saja mengalami kilatan-kilatan memori dan mengingat identitas seseorang bernama Edgar Latulip. Ketika ia melaporkannya kepada petugas sosial, diketahui bahwa nama tersebut adalah nama orang hilang 30 tahun yang lalu.

Ternyata sang pria itu adalah Latulip sendiri. Dirinya 'hilang' setelah mengalami kecelakan di daerah air terjun niagara di mana kepalanya terbentur.

Ahli neurologi Jason Brandt dari Johns Hopkins School of Medicine mengatakan kasus sang pria adalah kasus yang menarik. Bahkan di antara pengidap amnesia yang lain sekalipun kejadian untuk betul-betul melupakan segala hal sampai identitasnya jarang terjadi, terlebih lagi sampai 30 tahun.

Apa yang bisa memicu kejadian ini diduga adalah karena faktor trauma kepala yang dialami ditambah dengan kondisi kecacatan perkembangan yang memang dimiliki oleh sang pria.

Baca juga5 Orang dengan Kasus Hilang Ingatan yang Unik

"Dia adalah pria yang sangat rentan. Dia tidak punya daya untuk menghadapi tekanan seperti yang dimiliki saya atau Anda. Ketika situasi memburuk, hal yang ia tahu adalah hanya lari dan melupakan," kata Brandt seperti dikutip dari livescience, Selasa (16/2/2016).

Pada kebanyakan orang identitas diri adalah sesuatu yang tertanam sangat dalam. Oleh karena itu Brandt mengatakan butuh sesuatu yang luar biasa untuk membuat seseorang melupakannya.

Pada kasus Latulip masalah neurologis dan psikologis yang ia alami kemungkinan sangat hebat sampai-sampai amnesia berlangsung selama 30 tahun.

Baca jugaAmnesia Langka, Tiap Bangun Tidur Nikki Hanya Ingat Satu Hari

(fds/vit)