Minggu, 28 Feb 2016 14:10 WIB

Bikin Jakarta Hijau, Menkes Dorong Ahok Jangan Mau Kalah dengan Risma

Firdaus Anwar - detikHealth
Foto: AN Uyung P
Jakarta - Berbicara polusi udara, Jakarta adalah salah satu kota di dunia dengan kualitas udara yang buruk. Terkait hal tersebut Menteri Kesehatan Profesor Dr dr Nila Moeloek, SpM(K), mendukung Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahja Purnama untuk terus melakukan gerakan penghijauan.

Salah satu gerakan yang didukung oleh Menkes Nila adalah penetirban perumahan liar seperti yang belakangan ini dilakukan di Kalijodo. Menurutnya Jakarta perlu lahan lebih luas untuk dipakai sebagai wilayah hijau.

"Kita perlu memang paru-paru kota, hutan kota. Ini yang barangkali kurang selama ini di kota Jakarta. Kami tak melihat adanya tempat bermain bagi masyarakat untuk menghirup udara segar," kata Menkes Nila pada acara ulang tahun Yayasan Asma Indonesia (YAI) di RS Persahabatan, Rawamangun, Jakarta Timur, Minggu (28/2/2016).

Menkes Nila menginginkan agar Basuki yang akrab disapa Ahok bisa membuat Jakarta seperti Surabaya di bawah komando Walikota Risma. Saat ini pemerintah Surabaya gencar melakukan program penghijauan dengan membuka taman-taman baru.

"Saya sangat mendukung jika kota Jakarta seperti Surabaya, Pak Ahok jangan mau kalah dengan Ibu Risma. Kembalikan paru-paru kota kita sehingga kita bisa menghirup udara yang segar," ujar Menkes Nila.

Kepada masyarakat Menkes Nila juga berpesan agar semuanya turut berperan aktif menciptakan lingkungan bersih sehat dan tidak merokok sehingga udara yang dihirup bersama bisa berkualitas.

Baca juga: Pecahkan Rekor MURI, Target 1.000 Orang Periksa Paru di RS Persahabatan

(fds/up)