Sabtu, 19 Mar 2016 12:03 WIB

5 Alasan untuk Menyebut Renang Sebagai Olahraga Terbaik

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Foto: thinkstock Foto: thinkstock
Jakarta - Renang kerap direkomendasikan sebagai olahraga pilihan bagi pengidap asma. Bagi khalayak umum sekalipun, olahraga punya beragam kelebihan dibandingkan jenis olahraga lainnya.

Memang, butuh tempat khusus untuk berenang. Kolam renang tidak selalu mudah ditemukan, demikian juga sungai atau danau yang aman dan bersih untuk berenang. Peralatan khusus seperti kacamata, baju renang, dan sebagainya kadang juga dibutuhkan.

Namun demikian, renang tetap menjadi olahraga favorit bagi sebagian orang. Dirangkum dari Huffington Post, berikut ini beberapa kelebihan renang dibanding olahraga lain:

1. Baik untuk paru-paru
Beberapa penelitian mengaitkan renang dengan peningkatan kapasitas vital paru-paru. Dengan paru-paru yang sehat, tubuh bisa memproses oksigen dengan lebih optimal. Suplai oksigen lancar, berbagai fungsi organ dalam tubuh akan bekerja dengan lebih optimal.

Tidak heran jika olahraga ini direkomendasikan juga untuk pasien asma. Penelitian tahun 2007 bahkan mengungkap manfaat renang bagi penyakit kardiovaskular.

2. Melatih otot dan kardio sekaligus
Walaupun disebut-sebut sebagai olahraga low impact, renang tetap memberikan manfaat yang maksimal. Olarhaga ini dikategorikan sebagai olahraga aerobik, namun tekanan air juga memberikan challenge tersendiri untuk latihan kekuatan.

3. Mendekatkan dengan alam
Jika punya kesempatan untuk berenang di alam bebas, maka bukan hanya manfaat olahraga yang didapatkan. Olahjiwa juga akan terjadi akibat interaksi dengan lingkungan yang asri. Penelitian membuktikan bahwa waktu yang dihabiskan di alam bisa meningkatkan kualitas kesehatan mental seseorang.

4. Low impact
Tidak seperti lari yang menghentak-hentak persendian, renang melibatkan gerakan-gerakan yang lebih halus meski tidak kalah bertenaga. Risiko cedera serius seperti keseleo dan patah tulang sangat minim saat berenang. Sangat cocok untuk orang-orang lanjut usia atau punya masalah dengan tulang dan persendian.

5. Air menenangkan
Berbagai penelitian membuktikan bahwa air punya efek menenangkan bagi otak. Menghabiskan waktu di air punya efek yang mirip dengan meditasi. Setelah letih dengan kegiatan rutin kehidupan modern, otak butuh diistirahatkan dan terapi air terbukti cukup manjur. (up/vit)
News Feed