Rabu, 23 Mar 2016 12:33 WIB

Pakai Lensa Kontak Sembarangan, Hati-hati Bakteri di Mata Makin Menumpuk

Ajeng Anastasia Kinanti - detikHealth
Foto: thinkstock
Jakarta - Bagi mereka yang memiliki mata minus, pemakaian lensa kontak kerap dianggap lebih praktis dibandingkan kacamata. Namun sayangnya banyak yang jorok dan sembarangan dalam menggunakan lensa kontak, sehingga kesehatan mata bisa terancam.

Untuk membuktikan hal ini, Dr Maria Dominguez-Bello dari New York University School of Medicine melakukan penelitian bersama rekan-rekannya. Ia mengambil sampel bakteri dari permukaan mata dan bagian bawah mata pada 58 responden, sementara 20 di antaranya dijadikan sampel. Sembilan orang adalah pemakai lensa kontak, sementara 11 sisanya bukan pemakai lensa kontak.

Secara total, tim mengambil sampel dari 116 konjungtiva, 114 sampel dari bawah mata, dan 20 sampel dari lensa kontak. Setelah itu, mereka terkejut karena menemukan ada lebih banyak jenis bakteri di permukaan mata, dibandingkan di bawah mata atau di lensa kontak yang sebenarnya.

Baca juga: Kurangi Perlekatan Bakteri, Pilih Lensa Kontak dengan Pigmen Warna di Tengah
    
"Kami juga menemukan bahwa di permukaan mata pemakai lensa kontak ada lebih banyak bakteri seperti yang ada di kulit, seperti Pseudomonas, Acinetobacter, Methylobacterium, dan Lactobacillus, dibandingkan sampel yang didapat dari responden bukan pemakai lensa kontak," tutur Dominguez-Bello, seperti dikutip dari Medical Daily, Rabu (23/3/2016).

Masih belum bisa ditentukan secara pasti apa sebenarnya penyebab banyaknya jenis bakteri tersebut, namun Dominguez-Bello meyakini bahwa kondisi demikian bisa terjadi karena bakteri kulit berpindah dari jari tangan pemakai ke lensa, kemudian menempel di permukaan mata. Jelas, ini berarti kebersihan tangan harus menjadi perhatian utama para pemakai lensa kontak.

"Studi ini menunjukkan bahwa jika menggunakan lensa kontak tanpa memerhatikan kebersihan tangan, maka bakteri bisa dengan mudahnya berpindah ke mata melalui lensa kontak," ujar Dr Robert Latkany, dari Physician Eye Care, New York.

Centers for Disease Control and Prevention (CDC) merekomendasikan beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah keratitis pada mata. Cuci tangan menggunakan sabun dan air sebelum memegang lensa kontak. Jangan lupa lepaskan lensa kontak sebelum tidur, mandi atau berenang. Setelah melepaskan lensa kontak, gosok dan bilas lensa menggunakan cairan pembersih. Simpanlah lensa kontak di tempat yang sejuk dan ganti lensa kontak setiap tiga bulan sekali.

Baca juga: Orang-orang Seperti Ini Tak Disarankan Memakai Lensa Kontak (ajg/vit)