Sabtu, 26 Mar 2016 11:10 WIB

Keadaan Bibir Seperti Ini Bisa Cerminkan Kondisi Tubuh Seseorang

Radian Nyi Sukmasari - detikHealth
Foto: thinkstock Foto: thinkstock
Jakarta - Kondisi tubuh yang fit atau justru terdapat gangguan salah satunya bisa ditilik dari keadaan bibir Anda. Sehingga, jika ada keadaan tak biasa yang dialami bibir, bisa jadi ada gangguan kesehatan yang Anda alami.

Seperti dikutip dari Prevention, berikut ini kondisi bibir yang bisa mencerminkan keadaan tubuh Anda.

Baca juga: Hal-hal Ini Bisa Buat Warna Bibir Jadi Hitam atau Pucat

1. Bibir bengkak
Bibir membengkak bisa terjadi akibat alergi. Penyebabnya, mulai dari lipstik yang tidak cocok hingga alergi makanan, demikian dikatakan Keith Arbeitman, DDS dari Arbeitman & Shein Dentistry di Manhattan. Gejala alergi pada bibir yaitu bibir membesar dan gatal. Namun, jika muncul gatal di kulit dan mata berair, Arbeitman menyarankan segeralah cek ke dokter.

2. Bibir kering dan pecah-pecah
"Jika bibir tiba-tiba kering atau ada retak yang menyakitkan di sudut bibir, itu bisa jadi tanda Anda kekurangan zat besi, vitamin B3, dan B6. Untuk itu, ada baiknya tambahkan konsumsi daging merah, salmon, telur, dan sayuran hijau lain untuk memenuhi kebutuhan zat besi serta vitamin B," terang Diane Madfes, MD, dermatolog sekaligus anggota American Academy of Dermatology.

3. Perih di ujung bibir
Arbeitman mengatakan, pecah-pecah di sudut bibir hingga ketika mulut menganga sudut bibir terasa perih bisa terjadi karena angular cheilitis. Salah satu sebabnya adalah kebiasaan menggigit pulpen atau bibir sehingga membuat air liur menempel di sudut bibir hingga tumbuh jamur. Akibatnya, kulit halus di sudut bibir akan retak dan terasa perih.



4. Timbul lentingan di bibir
Dikatakan Arbeitman, stres bisa memicu timbulnya lentingan di bibir. Selain stres, imunitas yang rendah juga bisa membuat benjolan menyakitkan tersebut timbul di bibir. Selain mengoleskan salep khusus, ada baiknya kelola stres juga tingkatkan sistem imun Anda.

5. Bibir kering
Bibir kering bisa menjadi tanda bahwa tubuh kekurangan cairan alias mengalami dehidrasi. Untuk itu, Arbeitman menyarankan penuhi kebutuhan cairan setidaknya 1,5 liter per hari dan jika Anda menghabiskan banyak waktu di bawah sinar matahari, konsumsi minuman mengandung isotonik juga bisa membantu memenuhi kebutuhan cairan. (rdn/up)
News Feed