Jumat, 01 Apr 2016 06:57 WIB

Deteksi Dini Kanker Payudara Juga Bisa Deteksi Masalah Jantung

Martha HD - detikHealth
Foto: Getty Images
Jakarta - Mammogram merupakan salah satu cara untuk mendeteksi kanker payudara. Namun, sebuah penelitian baru-baru ini menemukan bahwa mammogram dapat memeriksa kondisi kesehatan jantung.

Dikutip dari Health, Jumat (1/4/2016), saat ahli radiologi melakukan mammogram untuk mendeteksi tanda-tanda kanker payudara, mereka juga dapat melihat timbunan kalsium yang memasok darah ke payudara. Bila perempuan memiliki timbunan kalsium yang berlebih di arteri payudaranya, kemungkinan mereka mengalami gejala awal penyakit jantung.

Menurut para ahli timbunan kalsium juga memiliki dampak kuat menjadi faktor risiko penyakit lain seperti kolestrol tinggi, tekanan darah tinggi, serta diabetes.

"Dengan tidak menambah biaya, tidak ada radiasi, dan mempersingkat waktu kita mampu menemukan pengapuran pada pembuluh darah. Hal ini yang berpotensi untuk mengubah cara ahli radiologi untuk membaca dan memberi laporan mamografi," kata peneliti Dr Laurie Margolies. direktur pencitraan payudara di Rumah Sakit Mount Sinai di New York City.

Baca juga: Seperti Ada Lesung Pipi di Payudara, Ternyata Wanita Ini Kena Kanker 

Menurut dr Margolies, hal ini merupakan sesuatu yang dilihat oleh ahli radiologi sepanjang waktu namun tidak pernah dilaporkan. Ia pun memprediksi ini merupakan jenis yang sama sebagai cara revolusioner praktik dalam perubahan untuk melaporkan dan menilai suatu risiko.

Penelitian ini melibatkan 300 wanita yang melakukan tes mammografi secara terpisah. Kemudian para penelitian meninjau hasil mammografi dengan endapan kalsium di arteri payudara.

Menurut para peneliti, terlihat endapan ini berwarna putih terang saat di scan dengan X-ray. Sekitar 42 persen perempuan dalam studi tersebut memiliki simpanan tersebut.

"Kami melihat dengan sangat baik dengan mamografi dan beberapa arteri terlihat kaku," jelas Margolies.

Baca juga: Perempuan Usia 20-an Tahun dan Ada Benjolan di Payudara, Apakah Itu Kanker? 

Dr Stacey Rosen, juru bicara American Heart Associaton, mengatakan bila laporan mamografi sangat terstruktur di negara-negara tertentu. Dengan begitu, kemampuan untuk mendapatkan informasi lebih mendalam mengenai kondisi pasien yang saat ini terbatas

Hasil penelitian ini akan dipresentasikan tanggal 3 April 2016 di American College of Cardiology, Chicago. Temuan yang dipresentasikan dalam pertemuan ini akan dilihat dari awal hingga para peneliti telah menerbitkan dalam jurnal peer-review. (up/up)