Senin, 02 Mei 2016 11:33 WIB

Tanpa Disadari, 5 Hal Ini Bisa Bikin Perut Kembung

Radian Nyi Sukmasari - detikHealth
Foto: thinkstock Foto: thinkstock
Jakarta - Makan terlalu banyak atau terlalu cepat bisa memicu perut kembung. Tapi selain itu, pada beberapa orang, asupan atau konsumsi obat tertentu juga tanpa disadari bisa memicu perut kembung.

Apa saja? berikut daftarnya seperti diungkapkan ahli pencernaan dari Digestive Center for Women, Washington DC, Dr Robynne Chutkan, dikutip dari Fox News.

Baca juga: Minum Air Dingin Bikin Kembung, Itu Bukan Mitos

1. Pemanis buatan

Terlalu banyak mengonsumsi pemanis buatan bisa berefek buruk bagi tubuh. Chutkan mengatakan, bahan kimia pada pemanis buatan sulit diserap usus kecil dan tidak bisa difermentasi oleh bakteri. Akibatnya, akan terbentuk banyak gas di lambung. Lagipula, terlalu banyak konsumsi gula juga bisa memicu timbulnya bakteri jahat dan mengakibatkan ketidakseimbangan mikrobiota di saluran cerna.

"Untuk itu, saya menyarankan untuk mengonsumsi maksimal 5 gram gula per porsi makanan," ujar Chutkan yang juga penulis buku 'The Bloat Cure' ini.

2. Sayuran

Sayuran seperti kubis, kembang kol, kale, dan brokoli mengandung pati yang disebut raffinose. Senyawa tersebut sulit dicerna dan bisa berubah menjadi gas metana. Untuk itu, Chutkan menekankan bagi Anda yang tidak terbiasa mengonsumsi sayuran itu, mengonsumsinya langsung dalam jumlah banyak bisa membuat perut kembung.

Baiknya, konsumsi dulu sayuran tersebut dalam porsi kecil lalu ditambah jumlahnya perlahan. Konsumsi air perasan lemon disertai sayuran tersebut menurut Chutkan juga bisa membantu merangsang enzim pencernaan.

3. Kedelai

Konsumsi kedelai bisa menguntungkan bagi orang dengan intoleransi laktosa. Namun, pada orang-orang tertentu, kedelai yang diproses seperti susu kedelai bahkan tahu bisa berkontribusi pada perut kembung. Menurut Chutkan, hal ini ada hubungannya dengan kandungan fitoestrogen pada kedelai yang memiliki efek yang sama dengan estrogen dalam tubuh.

Chutkan menyarankan, jika berminat coba sesekali ganti konsumsi susu kedelai dengan susu beras, susu rami, atau susu almond. Kemudian, hindari konsimsi makanan kemasan yang mengandung isolat protein kedelai.



4. Minuman olahraga

"Minuman olahraga bisa menjadi salah satu pilihan untuk merehidrasi tubuh pasca olahraga. Namun patut diingat kandungan gula dan pemanis dalam minuman itu bisa memicu perut kembung. Untuk rehidrasi, baiknya pilih air putih dan pisang. Silakan mengonsumsi minuman olahraga, tapi jangan berlebihan," papar Chutkan.

Baca juga: Sering Kembung? Waspada Cacar Air yang 'Tersembunyi' di Perut

5. NSAIDs

Nonsteroidal Anti-inflammatory Drugs (NSAIDs) memang ampuh untuk meredakan nyeri. Tetapi, efek yang bisa terjadi pada beberapa orang adalah gangguan pencernaan seperti kembung dan retensi cairan. Selain itu, tubuh juga bisa tampak seperti membengkak.

"Sebagai alternatif, coba pakai pereda nyeri yang tidak mengandung ibuprofen atau aspirin. Bisa juga Anda gunakan teknik relaksasi atau pengaturan pola makan untuk membantu meredakan nyeri," tutur Chutkan.


(rdn/vit)