ADVERTISEMENT

Selasa, 17 Mei 2016 15:30 WIB

Mr P Dipangkas karena Digerogoti Kanker, Pria Ini Jalani Transplantasi

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Foto: thinkstock
Jakarta - Seorang pria di Amerika Serikat kehilangan Mr P setelah dipangkas karena digerogoti kanker. Kini ia menjalani transplantasi, yang diklaim sebagai transplantasi Mr P pertama di negaranya.

Thomas Manning (64) asal Massachusetts menjalani operasi transplantasi selama 15 jam pada 8-9 Mei 2015. Ia mendapatkan Mr P cangkokannya dari donor yang sudah meninggal dunia.

"Aku ingin kembali menjadi diriku yang dulu," kata Mr Manning dalam sebuah wawancara, dikutip dari NYtimes, Selasa (17/5/2016).

Donor Mr P berasal dari New England Organ Bank. Menurut kabar, keluarga donor ingin identitasnya dirahasiakan. Yang pasti, sang donor mendoakan yang terbaik untuk Manning.

Butuh waktu sekitar 3 tahun untuk mempersiapkan transplantasi tersebut. Mulai dari mengoperasi jenazah atau cadaver, hingga akhirnya tim dokter siap melakukan pencangkokan. Operasi tersebut melibatkan belasan dokter bedah dan 30 tenaga kesehatan.

Baca juga: Cangkok Mr P Pertama di Amerika akan Diberikan pada Veteran Perang 

Dr Curtis Cetrulo yang menangani transplantasi tersebut mengatakan Mr P cangkokan tersebut sudah bisa menjalankan fungsi urinasi dalam beberapa pekan. Sedangkan untuk fungsi seksual, diperkirakan akan bisa diperoleh dalam beberapa bulan.

Transplantasi pertama di dunia dilakukan di University of Stellenbosch, Afrika Selatan, pada Desember 2014. Sedangkan pada Maret allu, seorang pria 44 tahun di Inggris dilaporkan melepas 'keperjakaan' dengan penis bionik. Ia mendapatkan penis bionik setelah penis aslinya rusak akibat kecelakaan di masa kecilnya.

Baca juga: Penis Bionik Itu Akhirnya Melepas 'Keperjakaan'  (up/vit)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT