Selasa, 17 Mei 2016 16:05 WIB

4 Alergi Aneh Tapi Nyata: Olahraga, Pakaian Dalam, Hingga Air

Ajeng Anastasia Kinanti - detikHealth
Foto: thinkstock Foto: thinkstock
Jakarta - Alergi makanan atau debu mungkin menjadi hal yang hampir biasa dialami oleh sebagian orang. Namun selain itu ada pula beberapa jenis alergi yang cukup unik. Apa saja?

Menurut pakar alergi dari Hudson Allergy, New York, Tim Mainardi, benar bahwa ada beberapa jenis alergi yang tak biasa dan dialami oleh sebagian penduduk. Serupa seperti alergi makanan atau debu, alergi-alergi tak biasa ini kadang menyusahkan.

Seperti dirangkum detikHealth dari Fox News pada Selasa (17/5/2016), berikut beberapa jenis alergi tak biasa yang juga banyak dialami oleh orang:

Baca juga: Alergi Listrik, Kulit Kakek Ini Jadi Merah Saat Menonton Televisi

1. Alergi udara dingin
Menurut Mainardi, alergi jenis ini cukup umum. Kondisi ini merupakan jenis dari urtikaria fisik alias gatal-gatal. Gatal ini biasanya disebabkan oleh pelepasan histamin oleh protein, misalnya dari kacang. Namun dalam kasus alergi dingin, histamin ini dilepaskan tanpa faktor pemicu tersebut. "Tangan biasanya menjadi bagian tubuh yang paling rentan terhadap alergi ini," tuturnya.

2. Alergi olahraga
Mainardi menjelaskan, alergi tak biasa ini umumnya memengaruhi mereka yang berusia 15-45 tahun. Selama berolahraga, seseorang akan merasakan sensasi hangat, muncul bintik merah dan bahkan bengkak. Reaksi berlanjut bahkan dapat menjadi sistemik dan menjadi anafilaksis. "Jika Anda mengidap alergi jenis ini, cobalah jangan tunda untuk berkonsultasi dengan dokter," pesan Mainardi.

3. Alergi pakaian dalam
Alergi jenis ini umumnya terjadi karena dermatitis kontak terhadap bahan yang digunakan. Selain itu, bisa juga dipicu akibat pewarna, bahan kimia dan pengawet dalam pakaian, termasuk lateks yang banyak digunakan pada pakaian dalam.

4. Alergi air
Alergi ini memengaruhi 1 dari 250 juta orang, sehingga sangat langka, seperti disampaikan oleh Mainardi. Para ilmuwan masih belum tahu pasti penyebab dari alergi air, namun mereka yang terkena kondisi ini umumnya akan gatal-gatal jika kontak dengan air.

Baca juga: Bagi Orang yang Punya Alergi, Pakai Parfum Berlebihan Bisa Berbahaya


(ajg/up)