Senin, 13 Jun 2016 04:28 WIB

Minum Kopi dan Merokok Sambil Tunggu Imsak? Hati-hati Mulut Bisa 'Bau Naga'

Nurvita Indarini - detikHealth
Foto: thinkstock
Jakarta - Untuk menunggu datangnya imsak, beberapa orang memilih minum kopi dan merokok. Padahal kebiasaan ini menyumbang datangnya bau naga di siang hari. Mengapa demikian?

drg D. Yudha Rismanto, Sp Perio beberapa waktu lalu menjelaskan kopi bisa membuat kadar pH mulut menjadi lebih cepat turun. Jika sudah begitu, maka bau mulut tak bisa dihindari.

Selain itu, dikutip dari Livestrong, karena kopi merupakan minuman yang memiliki derajat keasaman tinggi, maka bisa menjadi faktor pemicu pertumbuhan bakteri anaerob yang berlebihan. Akibatnya bisa memicu bau mulut yang tidak sedap.

Tak hanya itu, kopi juga bersifat diuretik. Ketika hanya minum kopi tanpa minum air putih yang cukup, maka tubuh tidak bisa memproduksi air liur yang cukup pula. Akibatnya mikroba dalam mulut akan 'memakan' sisa-sisa makanan yang ada di mulut sehingga sehingga memunculkan bau mulut yang tidak sedap. Jadi sah-sah saja minum kopi, tapi sebaiknya tidak pada saat sahur.

Baca juga: Cegah Napas Tak Sedap, Hindari Makanan Ini Saat Sahur

Bagaimana dengan rokok? dr T. Bahdar Johan, SpPD pernah menjelaskan nikotin dari rokok menempel di gigi menyebabkan terjadinya plak. Nah, ditambah dengan adanya sisa makanan yang ikut menempel di gigi maka akan menambah plak, termasuk bakteri yang berakumulasi sehingga menimbulkan bau mulut saat berpuasa.

Penjelasan lainnya, racun tembakau bisa membuat rongga mulut jadi lebih kering. Kerena air liur yang tidak cukup diprosuksi, efeknya memicu pertumbuhan dan perkembangbiakan bakteri dalam mulut yang memecah asam amino sehingga menyebabkan mulut berbau tidak sedap.

Makan permen dan gosok gigi setelah merokok atau berkumur dengan moutwash memang bisa mengurangi bau mulut. Tapi ingat, sifatnya hanya sementara saja.

"Kalau mau benar-benar hilang baunya ya lebih baik berhenti merokok," kata dr Bahdar saat dihubungi detikHealth beberapa waktu lalu.

Baca juga: Cara-cara Sederhana Ini Bisa Atasi Bau Mulut Saat Puasa (vit/vit)