Senin, 27 Jun 2016 08:03 WIB

Studi: Punya Hewan Peliharaan Kurangi Risiko Wanita Terserang Stroke

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock
Jakarta - Memiliki hewan peliharaan sering dikaitkan dengan keadaan emosi dan kejiwaan yang lebih baik. Bahkan menurut studi terbaru, memiliki hewan peliharaan juga dapat menurunkan risiko stroke pada wanita.

Studi yang dilakukan oleh Jian Zhang dari Jiann-Ping Hsu College of Public Health, Georgia Southern University, Amerika Serikat, kepada 4.000 orang dewasa berusia 50 tahun ke atas menunjukkan ada penurunan risiko terserang stroke dan penyakit kardiovaskular lainnya pada wanita yang memiliki hewan peliharaan seperti anjing atau kucing.

Sekitar 35 persen partisipan memiliki hewan peliharaan. Berdasarkan hasil studi, 11 dari 1.000 partisipan yang tidak memiliki hewan peliharaan meninggal akibat penyakit kardiovaskular. Untuk pemilik hewan peliharaan, ditemukan prevalensi lebih rendah, yakni hanya 7 per 1.000 partisipan.

Baca juga: Hendak Bawa Hewan Peliharaan Masuk ke Rumah? Ini Pesan Dokter

Khusus untuk stroke, tidak ada perbedaan jika pria memiliki hewan peliharaan atau tidak. Namun bagi wanita, risiko kematian akibat stroke berkurang hingga 40 persen jika memiliki hewan peliharaan.

"Mereka yang memiliki anjing sebagai peliharaan akan mengajak anjing mereka jalan-jalan, dan ini merupakan aktivitas fisik yang baik untuk jantung, menurunkan tekanan darah sekaligus relaksasi," tutur Zhang, dikutip dari Reuters.

Di sisi lain, wanita yang memelihara kucing memang lebih jarang untuk mengajak peliharaannya jalan-jalan. Hanya saja Zhang menduga para pemilik kucing memiliki gaya hidup yang sehat dan lebih terbebas dari stres.

"Mengasuh kucing merupakan pekerjaan yang tidak mudah dan menurut saya, seseorang yang senang mengasuh kucing memiliki kepribadian yang baik untuk jantungnya," ungkap Zhang lagi.

Baca juga: 4 Cara Hewan Peliharaan Bantu Kalahkan Efek Buruk Stres (mrs/vit)