Jumat, 01 Jul 2016 14:01 WIB

Kata Dokter, Begini Teknik Memutihkan Gigi yang Tepat

Puti Aini Yasmin - detikHealth
Foto: thinkstock Foto: thinkstock
Jakarta - Siapa yang tidak ingin memiliki gigi putih dan bersih? Untuk mendapatkannya, tak sedikit orang yang pergi ke fasilitas kesehatan guna melakukan prosedur pemutihan gigi. Tapi, kenali dulu prosedurnya yang tepat ya.

Menurut Prof Heriandi Sutadi, drg, SpKGA (K), PhD dari RS Pondok Indah, teknik memutihkan gigi yang tepat ada dua yaitu dengan teknik secara langsung dan teknik bertahap.

"Teknik secara langsung biasanya dilakukan selama satu sampai dua jam dengan menggunakan sinar ultraviolet sehingga gigi menjadi berwarna putih namun buram," tutur Prof Heriandi kepada detikHealth.

Baca juga: Ingin Memutihkan Gigi? Ini yang Harus Anda Perhatikan

Ia menemkankan bahwa teknik yang dilakukan secara bertahap jauh lebih baik dibandingkan teknik secara langsung. Pasalnya, teknik memutihkan gigi secara bertahap dapat menyebabkan demineralisasi atau penyebab awal gigi sensitif.

"Jika teknik bertahap, gigi dicetak terlebih dahulu dan daerah gigi yang akan diputihkan diberi rongga untuk pemberian obat yang nantinya digunakan selama satu minggu pada setiap malamnya, kurang lebih selama enam jam," sambungnya.

Prof Heriandi menambahkan bahwa saat menggunakan teknik bertahap, konsentrasi warna gigi perlahan-lahan akan berubah. Saat warna berubah sudah sesuai keinginan, maka pemakaian obat dapat dihentikan. Namun, jika warna yang diinginkan masih kurang maka penggunaan obat tersebut dapat dilanjutkan lagi.

"Kalau yang dilakukan di rumah selama satu minggu tidak mengalami putih buram karena dilakukan secara bertahap dan tidak dengan pemaksaan," tutup Prof Heriandi.

Baca juga: Amankah Memutihkan Gigi? (rdn/up)
News Feed