Jumat, 01 Jul 2016 18:36 WIB

Studi: Asal Dikonsumsi Tak Berlebihan, Mentega Juga Baik untuk Kesehatan

Puti Aini Yasmin - detikHealth
Foto: iStock
Jakarta - Saat Anda sedang diet mungkin Anda akan memilih makanan dengan kandungan lemak yang lebih rendah. Namun studi baru mengatakan bahwa makanan tinggi lemak baik dikonsumsi untuk membuat tubuh lebih sehat.

Menurut dr Laura Pimpin, dari University Friedman School of Nutrition Science and Policy, makanan tinggi lemak seperti mentega mungkin dapat menjadi pilihan makanan yang lebih baik. Terutama jika dibandingkan dengan makanan tinggi gula dan tepung.

"Mungkin ada sedikit atau tidak ada sama sekali hubungan makanan tinggi lemak dengan penyakit jantung dan risiko diabetes. Namun, makanan tinggi lemak jika tak dikonsumsi berlebih sebenarnya lebih bermanfaat untuk tubuh dibandingkan dengan roti dan kentang," tutur dr Laura, dikutip dari Express.

Baca juga: Keju Lebih Baik Dari Mentega untuk Kesehatan Jantung

"Mengonsumsi makanan tinggi lemak dengan porsi berlebih memang berbahaya bagi kesehatan. Namun, para peneliti di Amerika sekarang mendukung bahwa mengonsumsi makanan alami lebih baik daripada diet rendah lemak untuk membantu seseorang hidup sehat dan panjang umur," sambung dr Laura.

Senior dari penulis studi ini, dr Dariush Mozaffarian menambahkan bahwa hasil penelitian ini menunjukkan mentega baik untuk kesehatan. Namun diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan kemungkinan temuan lain yakni kaitan mentega dengan risiko diabetes.

Studi yang juga diterbitkan dalam jurnal ilmiah PLOS ONE, disambut oleh para ahli di Inggris. Menurut mereka selama ini mentega kerap dianggap sebagai penyebab obesitas di Inggris yang nyatanya juga dipengaruhi makanan industri dengan kandungan gula tinggi.

"Penelitian ini menunjukkan bahwa mentega tak seburuk itu efeknya bagi kesehatan, apalagi jika dikonsumsi dalam jumlah cukup," ucap dr Aseem Malhotra, penasihat jantung dari National Obesity Forum.

Baca juga: Makanan Tinggi Lemak Jenuh Picu Penyakit Jantung, Benarkah?


(rdn/up)